T-Force

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anggota T-Force Inggris dan Amerika dari Misi Juga membongkar reaktor nuklir eksperimental yang telah dibangun oleh ilmuwan Jerman sebagai bagian dari proyek energi nuklir Jerman yang disita selama Operasi Besar

T-Force merupakan divisi operasional dari misi bersama antara Angkatan Darat Amerika Serikat dan Angkatan Darat Britania Raya untuk mengamankan teknologi ilmiah dan industri Jerman sebelum hancur oleh pasukan Jerman yang mundur atau oleh para penjarah selama tahap akhir Perang Dunia II dan masa sesudahnya. Personel penting juga akan ditangkap dan target yang menguntungkan akan dieksploitasi saat dijumpai. Upaya ini seolah menjadi paralel yang berorientasi bisnis dan teknologi terhadap upaya Monuments Men dalam melacak seni dan harta keuangan.

Program ini dirancang untuk merampok aset intelektual Jerman dan menghambat kemampuannya untuk bersaing di bidang politik dan ekonomi pasca perang, sambil memberikan dorongan bagi negara-negara yang melakukannya. Meskipun tidak diakui pada saat itu, misi T-Force juga termasuk dalam mencegah teknologi Nazi yang canggih jatuh ke tangan Uni Soviet—menghancurkan apa pun yang tidak dapat direbut dan diselundupkan sebelum pasukan Tentara Merah tiba. Kegiatan T-Force dapat dilihat sebagai pertanda dimulainya Perang Dingin. Operasi di Jerman sering kali dilakukan dengan cara yang kasar dan kadang-kadang berujung pada penculikan. Informasi publik tentang aktivitas unit ini masih jarang.

Terdiri dari sekitar 3.000 "penyelidik" ditambah ribuan personel di batalyon infanteri dan insinyur tempur yang tergabung, kegiatan T-Force termasuk dalam "operasi eksploitasi" terbesar yang dilakukan oleh Sekutu.[1][2][3] T-Force juga bertujuan untuk mencegah kerusakan pada infrastruktur seperti pertukaran telepon yang akan berguna bagi pasukan pendudukan dan dalam pembangunan kembali Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ziemke, Earl F. ed., The US Army in the Occupation of Germany, 1944–1946, 1975.. US Army Publication, Page 314.
  2. ^ Allison, William H: 1269th Engineer Combat Battalion History
  3. ^ Judt, Matthias; Ciesla, Burghard (1996). Technology transfer out of Germany after 1945. Routledge. hlm. 63. ISBN 3-7186-5822-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]