Sylvia Wiryadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sylvia Wiryadi
Sylvia Wiryadi. Copyright 2017 by Winston Gomez Photography
LahirSurabaya, Indonesia
PekerjaanPenyanyi, Guru Vokal
Karier musik
GenreKlasik, Opera, Broadway
Tahun aktif2007 - sekarang
Situs webwww.sylvia-wiryadi.com


Sylvia Wiryadi (lahir di Surabaya, tahun 1982; umur 38 tahun) adalah penyanyi opera bertipe suara sopran (Light Lyric / Soubrette) berkebangsaan Indonesia. Ia mendalami vokal klasik di universitas musik (pengajaran vokal dan solois teater musik) lalu berkarier di beberapa opera company di Jerman sebelum kembali ke Indonesia.

Pendidikan & Karier di Jerman[sunting | sunting sumber]

Sudah sejak kuliah, Sylvia direkrut oleh opera company di Köln[1] dan Saarbrücken. Setelah menyelesaikan kuliah vokal jurusan solois teater musik di Saarbrücken, Sylvia direkrut menjadi penyanyi opera oleh Theater Erfurt dan Theater Görlitz.[2] Beberapa peran-peran yang pernah dimainkannya di dalam pementasan opera di Jerman adalah Queen of the Night, Pamina,[3] First Lady (Magic Flute), Praskowia (Merry Widow), Röschen (Sleeping Beauty) dan Mrs. Eynsford-Hill (My Fair Lady). Sylvia juga memerankan Theone dalam Premiere dunia opera Der Trank der Unsterblichkeit oleh Hoffman di Theater Erfurt pada tahun 2012.

Aktivitas di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sekembalinya ke Indonesia pada tahun 2012, Sylvia mulai muncul secara reguler dalam beberapa karya oratorio yang dipentaskan di Aula Simfonia Jakarta. Beberapa dirigen yang pernah pentas bersamanya adalah Joel Navarro, Avip Priatna,[4] Ananda Sukarlan,[5] Billy Kristanto, Ndaru Darsono dan lain-lainnya.

Sylvia kerap diundang untuk memimpin masterklas vokal, menjadi penilai ujian dan lomba vokal klasik.

Pendekatan teknik vokal yang digunakan olehnya tergolong langka / tidak lazim di kalangan pendidik-pendidik vokal. Namun, dalam waktu singkat, beberapa murid-muridnya telah berhasil mendapat beasiswa universitas musik jurusan vokal di luar negeri dan menjadi juara dan finalis pada beberapa lomba vokal lokal maupun mancanegara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alla Breve 2008: "Gesangsklasse Silvia Klauder”, halaman 20. HfM Saar http://www.hfm.saarland.de/fileadmin/user_upload/Downloads/alla_breve/AB-ws08-09.pdf[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "A Happy Return for This Indonesian Soprano | Jakarta Globe". Jakarta Globe (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-31. 
  3. ^ Alla Breve 2010: "Gesangsklasse Silvia Klauder”, halaman 38. HfM Saar http://www.hfm.saarland.de/fileadmin/user_upload/Studium/Anmeldung/allabreve_ws_2010_11.pdf[pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Pool. "Melihat Latihan Jelang Konser 'Hymn Of Praise'". detikhot. Diakses tanggal 2017-05-31. [pranala nonaktif permanen]
  5. ^ "The Indonesian Opera Scene Hits the High Notes | Jakarta Globe". Jakarta Globe (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-31.