Lompat ke isi

Syamanisme Mongolia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah kuil shamanisme di Mongolia Dalam, Tiongkok

Shamanisme Mongolia (bahasa Mongol: Бөө мөргөл, Böö mörgöl), lebih luas disebut agama rakyat Mongolia,[1] atau kadang-kadang Tengerisme,[2] mengacu pada agama animisme dan perdukunan yang telah dipraktikkan di Mongolia dan wilayah sekitarnya (termasuk Buryatia dan Mongolia Dalam) setidaknya sejak zaman sejarah yang tercatat. Pada tahap paling awal yang diketahui, hal ini terkait erat dengan semua aspek kehidupan sosial dan organisasi kesukuan dalam masyarakat Mongolia. Dalam perjalanannya, agama ini dipengaruhi dan bercampur dengan agama Buddha. Selama tahun-tahun sosialis di abad ke-20, gerakan ini sangat ditindas, namun kini muncul kembali.

Shamanisme kuning mendefinisikan bentuk perdukunan berbeda yang dipraktikkan di Mongolia dan Siberia. Istilah "kuning" dalam " Kuning" berasal dari "Buddha Kuning"; lebih dikenal sebagai Buddhisme Tibet, gaya Shamanisme ini mengintegrasikan unsur-unsur praktik ritual dan adat istiadat tradisional Buddha.[3] Aliran Buddhisme Gelukpa (atau Geluk), atau dikenal sebagai "Topi Kuning", adalah salah satu dari empat aliran besar (Nyingma, Kagyu, Sakya) yang didirikan pada awal tahun 1400-an dalam Buddhisme Tibet. Mirip dengan aliran Buddha lainnya, Geluk menggabungkan filosofi dan kosmologi Buddha Mahayana dan menggabungkan kualitas khas dari ajaran Vajrayana untuk mengembangkan tradisinya sendiri. Istilah Geluk berarti, "Tatanan keunggulan" atau "Tatanan kebajikan" dalam bahasa Tibet, yang mencerminkan kepercayaan terhadap institusi Tulku (inkarnasi lama) yang unik hanya dalam agama Buddha Tibet. Selain itu, warna kuning adalah warna penting dalam Buddhisme Tibet, karena melambangkan warna yang paling dekat dengan siang hari dan melambangkan kerendahan hati yang ditunjukkan Buddha Gautama dalam memilih warna yang sebelumnya dikenakan oleh penjahat.[4] Ciri khas lain dari Buddhisme Tibet adalah topi pandita kuning yang biasanya dikenakan oleh para biksu.[5][6] Istilah "shamanisme kuning" juga berfungsi untuk membedakannya dari bentuk perdukunan yang tidak dipengaruhi oleh agama Buddha (menurut penganutnya), yang disebut shamanisme hitam.[7]

Shamanisme Mongolia berkisar pada pemujaan terhadap "Tngri" (roh Leluhur) dan pengabdian kepada "Bapa langit" atau dikenal sebagai "Tenger" atau "Qormusta Tengri" dalam bahasa Mongolia. Dalam agama rakyat Mongolia, Jenghis Khan dianggap sebagai salah satu perwujudan, jika bukan perwujudan utama, semangat Tenger.[8] Mausoleum Jenghis Khan di Kota Ordos, di Mongolia Dalam, merupakan pusat penting dari tradisi pemujaan ini.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Heissig 1980, hlm. 46; Hesse 1987, hlm. 403–13.
  2. ^ Bira 2011; Turner 2016, ch. 9.3 Tengerism.
  3. ^ Shimamura 2004, hlm. 649–650.
  4. ^ Kumar 2004.
  5. ^ Hesse 1986.
  6. ^ Shimamura 2004, hlm. 649–51.
  7. ^ Pegg 2001, hlm. 141.
  8. ^ Man 2004, hlm. 402–404.

Bibliografi

[sunting | sunting sumber]