Swiss pada era Napoleon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Sejarah Swiss Selama Peperangan Revolusi Prancis, tentara revolusi bergerak ke timur, menduduki Swiss saat pertempuran melawan Austria. Pada 1798, Swiss sepenuhnya dikuasai oleh Prancis dan berubah nama menjadi Republik Helvetica. Republik Helvetica mengalami masalah ekonomi dan politik yang parah. Pada 1798 negara ini menjadi medan perang Peperangan Revolusi, dan berpuncak dalam Pertempuran-pertempuran di Zürich pada 1799.

Pada 1803 Undang-Undang Mediasi Napoleon mendirikan kembali Konfederasi Swiss yang memulihkan sebagian kedaulatan kanton-kanton, dan wilayah yang dulunya pembayar upeti dan sekutu, yaitu Aargau, Thurgau, Graubünden, St. Gallen, Vaud dan Ticino menjadi kanton-kanton dengan status setara.

Kongres Wina tahun 1815 mendirikan kembali Swiss yang merdeka secara penuh dan kekuatan-kekuatan Eropa setuju untuk mengakui netralitas Swiss secara permanen. Pada waktu itu, teritori Swiss meluas untuk terakhir kalinya, dengan kanton baru bernama Valais, Neuchâtel dan Jenewa.

Restorasi, waktu menjelang Sonderbundskrieg, ditandai dengan kekacauan, dan penduduk pedesaan berjuang melawan pengaruh pusat-pusat urban, misalnya di Züriputsch pada tahun 1839.

Catatan dan rujukan[sunting | sunting sumber]

Templat:Negara klien Perang Prancis Besar Templat:Topik Swiss