Swæfred dari Essex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Swæfred (atau Suebred) merupakan seorang rekan-pemimpin Essex bersama dengan saudaranya, Sigeheard, dari tahun 694 hingga 709, menggantikan ayahanda mereka Sæbbi.

Pada tahun 705, mereka berselisih dengan Raja Ine dari Wessex karena melindungi saingannya di atas takhta. Pada Sinode Brentford, sepakat untuk mengusir mereka dari Essex dengan imbalan Raja Ine berjanji tidak akan menyerang Essex. Kronologi pasti dari tahun-tahun terakhir kekuasan mereka tidak jelas. Tidak diketahui apakah mereka bertakhta bersama hingga 709 atau jika Swæfred meninggal sebelum itu.

Swæfred menerbitkan dua piagam terkait dengan wilayah di Nazeing untuk pendirian biara,[1] meskipun piagam ini hanya bertahan dalam salinan kemudian. Ia menerbitkan piagam lebih lanjut terkait dengan wilayah di Semenanjung Dengie.[2] Piagam yang terkait dengan wilayah di Twickenham (S65) dikaitkan dengannya.[3] Piagam ini diduga palsu, meskipun para penulis kemudian menyimpulkan bahwa tidak ada alasan untuk meragukan keasliannya.

Pada tahun 709, Offa, putra rekan-pemimpin ayahanda mereka dan saingan kemudian, Sighere setidaknya pewaris dan mungkin rekan-pemimpin Essex ketika ia bepergian dengan Raja Coenred dari Mercia ke Roma. Ia akan menggantikan Swæfred dan Sigeheard.

Didahului oleh:
Sæbbi
Raja Essex
694 - skt. 709
rekan-pemimpin Sigeheard
dan kemudian dengan Offa
Diteruskan oleh:
Offa

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kenneth Bascombe, Two Charters of King Suebred in Kenneth Neale, (Ed), An Essex Tribute (Leopard's Head Press, 1987)
  2. ^ Cyril Hart, The Early Charters of Essex (Leicester University Press, revised edition, 1971)
  3. ^ PH Sawyer, Anglo-Saxon Charters (Royal Historical Society, 1968)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]