Airi Suzuki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suzuki Airi)

Airi Suzuki
鈴木愛理
Nama asal鈴木愛理
LahirSuzuki Airi
12 April 1994 (umur 30)
Flag of Japan Prefektur Gifu, Jepang
PekerjaanPenyanyi
Aktris
Model
Tahun aktif30 Juni 2002-12 Juni 2017 (Sebagai Idola Hello! Project dari Up-Front Promotion)
31 Desember 2017-Sekarang (Karir Penyanyi Solo)
AgenUp-Front Promotion
Kota asalFlag of Japan Prefektur Chiba, Jepang
Orang tua
  • Toru Suzuki (鈴木亨) (bapak)
  • Kyoko Maruya (丸谷京子) (ibu)
KeluargaTakayuki Suzuki (鈴木貴之) (Adik Laki-Laki)
Karier musik
Genre
PekerjaanPenyanyi
InstrumenVokal
Tahun aktif2017-Sekarang
Labelzetima (2006-Sekarang)
Up-Front Works (2020-Sekarang)
Epic Records Japan (2022-Sekarang)
Artis terkaitAoi Yamazaki
Situs webSuzuki Airi Official Website
Tanda tangan
Firma-Airi

Airi Suzuki (鈴木 愛理, Suzuki Airi, atau sering dikenal dengan Suzuki Airi) (lahir 12 April 1994) adalah model, penyanyi pop dan idola Jepang yang beragensi di Up-Front Promotion, Kedua orang tuanya Tōru Suzuki dan Kyoko Maruya adalah pemain golf profesional, meskipun ibunya sudah pensiun dan Suzuki Airi mempunyai seorang Adik Laki-Laki yaitu Takayuki Suzuki.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Suzuki lulus audisi Hello! Project Kids, bersama dengan 14 gadis-gadis lain, setelah menyanyikan lagu "Kimochi wa Tsutawaru" milik BoA. Penampilan pertamanya di industri hiburan sebagai anggota 4Kids, kelompok sementara yang muncul di film Mini Moni, Mini Moni ja Movie: Okashi na Daibōken!, yang dirilis pada awal 2003!.

Pada tahun yang sama, Suzuki dimasukkan ke dalam kelompok Aa! bersama dengan Tanaka Reina dari Morning Musume dan sesama anggota Hello! Project Kids Natsuyaki Miyabi. Mereka merilis hanya satu singel, "First Kiss", pada 29 Oktober 2003, karena muncul keluhan bahwa ketiga gadis itu terlalu muda untuk memahami perasaan yang mereka nyanyikan. Pada saat dirilis, dia berumur 9 tahun, 6 bulan dan 17 hari, sekaligus menjadi penyanyi Hello! Project termuda yang pernah menyanyikan sebuah singel.

Pada tahun 2005 Suzuki Airi dipilih sebagai anggota ℃-ute bersama tujuh anggota Hello! Project Kids lainnya. Awalnya ℃-ute bergabung dengan label indie tetapi pada tahun 2007 mereka pindah ke major label. Pada 21 Februari 2007 ℃-ute merilis singel perdana mereka, "Sakura Chirari". Lagu itu langsung menduduki peringkat ketiga di Oricon chart pada hari pertama rilis, sebuah prestasi bahkan tidak dicapai senior mereka, Morning Musume (yang menduduki peringkat 6 pada singel debut mereka). Dengan singel debut ini, mereka menjadi kelompok termuda (dengan usia rata-rata 13) yang masuk top 10. Mereka merilis tiga singel pada tahun ini dengan Suzuki menjadi vokalis utama dan center untuk ketiga singel tersebut!

Tahun 2007 Suzuki dipilih dalam sebuah sub unit bernama Buono! bersama dengan Momoko Tsugunaga dengan Miyabi Natsuyaki dari Berryz Kobo untuk anime; Shugo Chara!.

Pada tanggal 6 Januari 2010, ℃-ute merilis singel ke 11 "Shock!". Singel itu dinyanyikan sepenuhnya oleh Suzuki, dengan anggota lain sebagai paduan suara.

Pada awal tahun 2010, anime Shugo Chara berakhir dan masa depan Buono! dipertanyakan. Diumumkan bahwa Buono! akan melanjutkan kegiatan setelah hampir satu tahun hiatus pada bulan Desember 2010. Singel ke 11 mereka, Zassou no Uta, dirilis 2 Februari 2011. Ini adalah rilis pertama mereka di bawah label Zetima, membuat mereka satu label dengan ℃-ute dan Morning Musume.

Saat ini dia tinggal di Chiba, Jepang. Ayahnya, Suzuki Toru, adalah pegolf profesional. Ibunya, Kyoko Maruya bergabung LPGA pada tahun 1992 dan dia pensiun sebagai pemain golf satu tahun kemudian. Takahashi Ai dan Tanaka Reina adalah anggota Hello! Project yang paling dihormatinya. Ia memiliki adik laki-laki. Hari ulang tahun Airi Suzuki sama dengan Yoshizawa Hitomi: 12 April. Karakter favorit nya adalah Kappa. Manga favoritnya adalah "How to Breed Kappas"(カッパの飼い方; Kappa no Kaikata). Hewan peliharaannya enam ekor anjing. Teman baiknya adalah Sugaya Risako dan Arihara Kanna. Nomor punggung Suzuki ketika ia masih menjadi bagian dari Gatas Brillhantes adalah 24.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

  • Minimoni ja Movie Okashi na Daibouken! 「ミニモニ。じゃム→ビ→お菓子な大冒険!」 (2002)
  • Keitai Kanojo (携帯彼女) (2011)
  • Vampire Stories (吸血鬼の物語) (2011)
  • Oosama Game (王様ゲーム) (2011)

Drama televisi[sunting | sunting sumber]

  • Suzuki Airi Official Channel Youtube
    Informasi pribadi
    Asal Jepang
    Pekerjaan
    Informasi YouTube
    Kanal
    Tahun aktif12 Maret 2018-Sekarang
    GenreMusik
    Pelanggan297 Ribu Orang[1]
    (26 Mei 2022)
    Total tayang36.991.900 x ditonton[1]
    (26 Mei 2022)
    JaringanUp-Front Promotion
    Liliput Oukoku (2002)
    • Hitmaker Aku Yuu Monogatari (ヒットメーカー 阿久悠物語) (2008)
    • Suugaku♥Joshi Gakuen (数学♥女子学園) (2012)

    Pranala luar[sunting | sunting sumber]

    Rujukan[sunting | sunting sumber]