Sutil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Permainan sutil merupakan permainan tradisional dari daerah Betawi. Permainan sutil hampir sama dengan permainan ting-tong. Permainan sutil dapat dilakukan kapan saja. Pemain adalah anak laki-laki usia 7-13 tahun. Jumlah pemain 2 orang atau lebih. Sifat permainan diperlombakan. Peralatan terdiri dari sutil [1]dan kepingan uang logam.[1]

Sebelum bermain dilakukan lotre, untuk menentukan pemain pertama yang bermain. Pemenang lotre memegang sisi uang logam kron (kap) dan yang kalah sisi cu. Pemenang lotre memegang sutil. Dua keping uang logam ditaruh di ujung sutil, kemudian dilentingkan ke atas dan jatuh ke tanah. Jika kedua keping menunjukkan kron maka penyuntil menang kalau menunjukkan cu, maka penyuntil kalah. Apabila kron dan cu tampak, berarti seri. Pihak yang kalah harus menerima hukuman sesuai perjanjian. Demikian berulang-ulang + 10 - 20 kali dan selalu dengan lotre seperti pertama permainan dimulai.

kata sutil "sutel" dalam bahasa madura itu adalah suatu alat seperti ":spatula:" yaitu alat yang di gunakan untuk mengaduk masakan di wajan. dalam bahasa lainnya "poken ajem" yang artinya adukan.

  1. ^ KBBI, Jagokata. "Arti kata sutil".