Surströmming

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de menjarSurströmming
Asal
Negara asalSwedia
Keahlian memasakMasakan Swedia
Rincian
JenisIkan fermentasi dan makanan berbahan dasar ikan
Acara menyantap surströmming di Wikimania 2019, Stockholm

Surströmming (diucapkan [²sʉːˌʂʈrœmːɪŋ]; bahasa Swedia untuk 'herring kecut') adalah makanan tradisional Swedia yang berupa ikan haring yang difermentasi dan sedikit diasinkan.

Ikan haring di Laut Baltik (strömming) biasanya berukuran lebih kecil daripada haring Atlantik yang ditemukan di Laut Utara. Secara tradisional, strömming adalah haring yang dipancing di perairan payau di Laut Baltik, sebelah utara Selat Kalmar.[1] Ikan yang digunakan sebagai bahan baku surströmming biasanya dipancing sebelum musim bertelur pada bulan April dan Mei.

Selama pembuatan surströmming, garam yang cukup digunakan untuk mencegah haring mentah tersebut membusuk. Proses fermentasi selama lebih kurang enam bulan membuat ikan tersebut berbau kuat dan cenderung asam. Menurut sebuah kajian dari Jepang, sekaleng surströmming yang baru dibuka memiliki salah satu bau busuk makanan paling kuat di dunia, lebih kuat dari makanan ikan yang difermentasi lain seperti hongeohoe dari Korea atau kusaya dari Jepang.[2]

Pada akhir dekade 1940an, pembuat surströmming di Swedia melobi pemerintah untuk mengeluarkan sebuah peraturan yang melarang penjualan ikan yang tidak difermentasi dengan sempurna. Peraturan terebut juga melarang penjualan surströmming yang diproduksi pada tahun tersebut sebelum hari Kamis ketiga pada bulan Agustus. Ketika peraturan tersebut tidak lagi berlaku, penjual surströmming di Swedia hari ini masih mematuhinya sebagai tradisi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UNEP (United Nations Environment Programme)" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-02-21. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  2. ^ Excerpt from Hakkou ha chikara Nari, Takeo Koizumi, NHK Ningen Kouza 2002 ISBN 4-14-084183-4
  3. ^ "Ingeborg Borgenstierna och Thomas Larsson Festdagar – Från Vår fru till vår fru quoted by Nordiska Museet, Stockholm (Swedish)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-03. Diakses tanggal 2019-09-03. 

Buku[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]