Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi
PengarangDee Lestari
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
GenreFiksi ilmiah
PenerbitBentang Pustaka
Tanggal rilis29 Februari 2016
Halaman-- halaman
ISBNISBN 9786022910572
DidahuluiSupernova 5: Gelombang

Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi adalah novel keenam dan terakhir dari seri Supernova yang ditulis oleh Dewi Lestari. Peluncuran novel ini dilakukan bertepatan dengan 15 tahun setelah buku pertama Supernova diluncurkan. Pada novel terakhir ini, berbagai tokoh dari kelima novel sebelumnya bertemu untuk sebuah misi.[1][2]

Alur[sunting | sunting sumber]

Dalam buku ini diceritakan bahwa para pemeran utama dalam buku sebelumnya; Bodhi, Zarah, Alfa, dan Elektra merupakan kaum Peretas/Herbinger yang bertugas menghalangi kaum Sarvara (antagonis) melaksanakan misi mereka. Kaum Peretas yang berada di berbagai tempat dipertemukan dengan bantuan dari para Infiltran dan Umbra yang bertugas mempersiapkan dan menghubungkan mereka satu sama lain.

Dalam Inteligensi Embun Pagi (IEP) diceritakan bahwa Simon ingin mengubah Firas, yang secara fisik sudah meninggal, menjadi salah satu sarvara. Firas merupakan salah satu bekas Peretas. Konversi ini berhasil dilakukan saat Portal Bukit Jambul terbuka. Misi selanjutnya adalah mengubah Alfa menjadi Sarvara. Hal ini secara pribadi merupakan impian dari Ishtar yang mencintai Alfa namun terhalang oleh kenyataan bahwa mereka berada di dua pihak yang berbeda. Saat portal Cermin dibuka oleh para Peretas, Alfa mengorbankan dirinya untuk mati dan rasa kehilangan yang dalam akan menghancurkan Ishtar. Sebagai yang terkuat dari Sarvara lainnya, kepergian Ishtar menggagalkan rencana mereka untuk membuka portal Cermin dan melawan para Peretas.

Peretas Puncak akan datang pada Hari Terobosan untuk membantu pertarungan dengan para Sarvara. Pada akhir novel diceritakan bahwa peretas puncak akan lahir dari pasangan Zarah dan Gio. Sampai Hari Terobosan datang, para peretas akan dilindungi oleh para Umbra dan Infiltran. Akhir cerita ini dapat membuka seri cerita baru berikutnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rilis Seri Terakhir Supernova, Dewi Lestari Adakan Perhelatan, Sulung Lahitani Mardinata. 29 Feb 2016. Liputan6.com [Diakses 16 Agustus 2016]
  2. ^ Luncurkan Supernova Edisi Terakhir, Thomas Manggalla. 02-03-2016. KoranSindo.com