Superkid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Superkid merupakan trio musik rock asal Indonesia yang terbentuk pada tahun 1976. Superkid diperkuat oleh Deddy Dorres (vokal, gitar, keyboard), Deddy Stanzah (vokal, bas, harmonika) dan Jelly Tobing (vokal, drum). Setelah 12 tahun berkarya, Superkid mempersembahkan album terakhirnya berjudul Gadis Bergelang Emas (1988).[1]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Trio ini dibentuk oleh Denny Sabri, wartawan majalah Aktuil yang berperan sebagai manajer.

Album[sunting | sunting sumber]

Superkid merilis lima album selama 12 tahun berkarya. Album pertamanya Trouble Maker dirilis tahun 1976 oleh Nova Records. Judul album Trouble Maker berasal dari lagu ciptaan Deddy Dorres dan Denny Sabri.[1] Setelah itu, Superkid berlanjut dengan merilis Dezember Break (Nova Records, 1977), Preman (Purnama Records)

Popularitas Superkid pun langsung melejit hanya dalam waktu tiga bulan dan sejajar dengan God Bless, The Rollies dan Giant Step. Dampak popularitas yang cepat tersebut mengakibatkan para personilnya mulai mendapatkan beragam masalah yang tak terhindarkan, seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan persoalan pribadi lainnya.

Problema yang dihadapi Superkid mengakibatkan keutuhan antar personil sulit untuk dipertahankan. Sebagai

Gaya Permainan[sunting | sunting sumber]

Superkid memiliki ciri khas dalam aksi panggungnya yaitu mengawali pertunjukan mereka dengan permainan dry ice yang mengusung set drum yang dimainkan Jelly Tobing dan disertai kepalan tangan yang disilangkan Deddy Stanzah untuk menyapa penonton.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c M. Nugroho, Kelik (2015). Almanak Musik Indonesia. Tangerang Selatan: Yayasan Tali Kemanusiaan. hlm. 146. ISBN 978-602-73654-0-7.