Supeni Pudjobuntoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Supeni)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Supeni Pudjobuntoro
Supeni.jpg
Informasi pribadi
Lahir(1917-08-17)17 Agustus 1917
Bendera Belanda Tuban, Jawa Timur, Hindia Belanda
Meninggal dunia25 Juni 2004(2004-06-25) (umur 86)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Partai politikPNI
AnakRd. Sony Sumarsono, BA
Dr. Pudji Kusumaningtyas
Ardy Saputro
Agus Supartono, S.Ak
Profesi- Mantan Duta Besar Keliling merangkap Wakil Menteri Luar Negeri sebagai Wakil Ketua I Delegasi Indonesia di PBB [1]
- Politikus

Supeni Pudjobuntoro atau yang dikenal juga dengan nama Supeni (lahir di Tuban, Jawa Timur, 17 Agustus 1917 – meninggal di Jakarta, 25 Juni 2004 pada umur 86 tahun) adalah politikus Indonesia. Supeni dikenal sebagai politikus wanita yang menduduki berbagai jabatan penting di Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR sekaligus anggota Konstituante melalui partai PNI. Sebagai diplomat, ia pernah menjabat sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh untuk Amerika Serikat dan duta besar keliling pada zaman Presiden Soekarno.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ibu Supeni, memiliki jasa yang sangat besar dalam masa-masa awal negeri Indonesia pada pemerintahan presiden Soekarno dimana ia bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk negara-negara Asia Tenggara. Salah satunya adalah menyukseskan lobi Indonesia kepada pemerintahan Prancis agar Aljazair tidak dijadikan negara apartheid. Lobi tersebut disampaikan oleh Ibu Supeni melalui Pangeran Kamboja Norodom Sihanouk untuk disampaikan kepada Presiden Prancis, Charles de Gaulle, sebagai bagian dari OISRAA (Organisasi Indonesia untuk Setiakawan Asia-Afrika) yang didirikan pada tahun 1960.[2]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sekretariat Jenderal Dewan Tanda-Tanda Kehormatan Republik Indonesia (2004). Profil penerima tanda kehormatan bintang Mahaputera dan bintang jasa, dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-59 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2004.  Halaman 27-32.
  2. ^ MF, Mukthi (17 Maret 2015). "Sumbangsih Indonesia untuk Asia-Afrika" (dalam bahasa Indonesia). Historia. Diakses tanggal 13 September 2016. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid 15 PT. Adi Pustaka,Jakarta,1991.