Sungai Gila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sungai Gila

Sungai Gila ((/ˈhlə/; O'odham [Pima]: Keli Akimel atau hanya Akimel, Quechan: Haa Si'il) adalah anak sungai sepanjang 649-mile (1.044 km)[1] yang mengalir melalui New Mexico dan Arizona di Amerika Serikat. Sungai tersebut mengalirkan daerah aliran sungai yang gersang hampir 60.000 mil persegi (160.000 km2) yang terbentang terutama di A.S. namun juga meluas ke utara Sonora, Meksiko. Masyarakat adat telah tinggal di sepanjang sungai setidaknya selama 2.000 tahun, membangun masyarakat pertanian yang kompleks sebelum eksplorasi wilayah Eropa dimulai pada abad ke-16. Namun, Euro-Amerika tidak secara permanen menyelesaikan DAS Gila sampai pertengahan abad ke-19.

Selama abad ke-20, perkembangan manusia di DAS Gila mengharuskan pembangunan pengalihan besar dan struktur pengendalian banjir di sungai dan anak-anak sungainya, dan akibatnya Gila sekarang hanya menyumbang sebagian kecil dari arus historisnya ke Colorado. [2] Debit alam historis sungai sekitar 1900 cfs, dan sekarang hanya 247 cfs. Proyek-proyek teknik ini telah mengubah sebagian besar lembah sungai dan sekitarnya dari padang pasir gersang ke lahan irigasi, dan memasok air ke lebih dari lima juta orang yang tinggal di daerah aliran sungai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kammerer, J.C. "Largest Rivers in the United States". U.S. Geological Survey. Diakses tanggal 2012-03-16. 
  2. ^ "The Gila is mostly bone dry in its lower reaches" (Jonathan Waterman, "American Nile: Saving the Colorado", National Geographic).