Sulir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sulir
Malacanthus brevirostris
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliMalacanthidae
GenusMalacanthus
SpesiesMalacanthus brevirostris
Guichenot, 1848
Tata nama
Sinonim takson

Malacanthus brevirostris, ikan sulir adalah spesies ikan laut bersirip pari, tilefish yang termasuk dalam famili Malacanthidae . Ia mempunyai sebaran yang luas di Indo-Pasifik.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Malacanthus brevirostris mempunyai tubuh yang panjang dan ramping, dengan kepala berbentuk bulat dan tulang belakang yang besar dan tajam di tengah penutup insang. [2] Memiliki warna keseluruhan keabu-abuan dengan rona kuning di bagian kepala. Bagian belakang ditandai dengan palang berbentuk chevron yang berbeda. Terdapat dua garis hitam konvergen, masing-masing di lobus atas dan bawah sirip ekor . [3] Sirip punggung terdapat 1-4 duri dan 52-56 jari lunak, sedangkan sirip dubur memiliki satu duri dan 46-55 jari lunak. Spesies ini mencapai panjang total maksimum 32 cm (13 in), meskipun panjang standarnya adalah 256 cm (101 in) lebih khas. [4]

Habitat dan biologi[sunting | sunting sumber]

Malacanthus brevirostris berasosiasi dengan terumbu pada kedalaman antara 5 dan 50 m (16 dan 164 ft) . Mereka sebagian besar ditemukan di daerah tandus dan terbuka di lereng terumbu luar di mana mereka biasanya ditemukan berpasangan, hidup di pasir dalam lubang yang telah mereka gali. Saat terancam, mereka berlindung di liangnya. Mereka memiliki tahap pelagis hingga setidaknya 5 cm (2,0 in) . [1] Mereka memakan ikan kecil dan invertebrata. [5]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Malacanthus brevirostris, Quakerfish : fisheries, aquarium". fishbase.mnhn.fr. Diakses tanggal 2023-10-08. 
  2. ^ "Species: Malacanthus brevirostris, Flagtail tilefish, Stripetail tilefish, the Quakerfish". Shorefishes of the Eastern Pacific online information system. Smithsonian Tropical Research Institute. Diakses tanggal 18 March 2021. 
  3. ^ Dianne J. Bray. "Malacanthus brevirostris". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 18 March 2021. 
  4. ^ Froese, Rainer; Pauly, Daniel (eds.) (2019). "Malacanthus brevirostris" in FishBase. December 2019 version.
  5. ^ "Species: Malacanthus brevirostris, Flagtail tilefish, Stripetail tilefish, the Quakerfish". Shorefishes of the Eastern Pacific online information system. Smithsonian Tropical Research Institute. Diakses tanggal 18 March 2021.