Sula (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sula adalah sebuah novel karya Toni Morrison yang diterbitkan pada November 1973 di Amerika Serikat. Novel kedua Toni setelah The Bluest Eye ini adalah karya penuh makna dan mengharukan yang menceritakan kehidupan dua pahlawan perempuan kulit hitam, dari masa kecil mereka di kota kecil Ohio, melalui peran mereka yang sangat berbeda sebagai perempuan, hingga konfrontasi dan rekonsiliasi yang merupakan puncak kisah kehidupan mereka.

Nel Wright memilih tinggal di tempat mereka dilahirkan, menikah, membesarkan keluarga, dan menjadi pilar komunitas kulit hitam. Sula Peace menolak kehidupan yang telah dijalani Nel, melarikan diri ke perguruan tinggi, dan tenggelam dalam kehidupan kota. Namun, ketika kembali ke akarnya, ia menjadi pemberontak dan penggoda nakal. Akhirnya, kedua perempuan itu harus menghadapi konsekuensi dari pilihan mereka. Bersama-sama mereka menciptakan potret yang tak terlupakan tentang makna dan biaya menjadi perempuan kulit hitam di Amerika.[1][2]

Tema[sunting | sunting sumber]

Penciptaan diri

Sula adalah novel tentang penciptaan diri, tentang wanita, tentang pria, dan tentang budaya. Para gadis, Sula dan Nel, menyadari sejak awal bahwa dunia tidak dengan mudah mengakomodasi orang-orang seperti mereka.Karena masing-masing telah menemukan bertahun-tahun sebelumnya bahwa mereka tidak berkulit putih atau laki-laki, dan bahwa semua kebebasan dan kemenangan dilarang untuk mereka, mereka menetapkan tentang menciptakan sesuatu yang lain menjadi.Mereka akan menjadi perempuan kulit hitam. Itu berarti sesuatu yang berbeda untuk mereka masing-masing. Bagi Nel, itu berarti menjadi istri dan ibu, mempertahankan nilai-nilai masyarakat. Bagi Sula, itu berarti menjalani kehidupan eksperimental, menolak nilai-nilai yang umum dipegang. Nel memberi tahu Sula, "Kamu tidak bisa melakukan semuanya. Anda seorang wanita dan wanita kulit berwarna pada saat itu. Anda tidak bisa bertindak seperti pria. Anda tidak dapat berjalan di sekitar semua orang yang mandiri, melakukan apa pun yang Anda suka, mengambil apa yang Anda inginkan, meninggalkan apa yang tidak Anda inginkan. Sula tidak akan menerima batasan seperti itu. Ketika Nel menuntut untuk mengetahui apa yang diperoleh Sula dari pilihannya — tidak memiliki suami dan tidak memiliki anak; neneknya disimpan di panti jompo; ibu, ayahnya, dan pamannya mati ,penduduk dari Bawah semua membencinya. Sula menjawab, “Gadis, aku mendapatkan pikiranku. Dan apa yang terjadi di dalamnya. Artinya, saya mengerti. ” Nel, di sisi lain, memiliki kesepian, ruang kosong yang digunakan Yudas untuk mengisi, dan satu lagi yang sebelumnya ditempati Sula. Pengetahuan diri Sula dan koneksi Nel dengan orang lain sama-sama penting bagi keberadaan manusia. Setiap wanita, meskipun hanya sesaat, memahami hal itu.

Api dan air adalah perangkat berulang di seluruh novel, menunjukkan kekuatan destruktif yang selalu mengancam diri individu. Dua anak Eva Peace mati karena api. Plum terbakar dalam kebakaran minyak tanah, dan Hannah, kulitnya yang indah terbakar dan meleleh, mati ketika Sula mengawasi. Eva tetap yakin bahwa Sula telah menyaksikan Hannah terbakar bukan karena dia lumpuh, tetapi karena dia tertarik. Air juga terbukti menjadi agen kematian bagi Chicken Little, yang menghilang di sungai setelah terbang dari tangan Sula sementara Nel mengawasi. Pencairan Januari yang hangat dan tanah yang lembut dan basah kuyup menyebabkan kematian banyak penduduk bawah yang mengikuti Shadrack ke terowongan New River Road untuk dihancurkan atau ditenggelamkan. Beberapa adalah korban dari kekuatan yang kuat yang dapat mengalahkan manusia sementara yang lain menonton. Shadrack menyaksikan seorang bocah lelaki tenggelam, dia menyaksikan tetangganya mati. Morrison berkomentar bahwa tontonan adalah sesuatu yang berbeda dari melihat.Anda harus berpartisipasi dalam sesuatu yang Anda tonton. Jika Anda melihatnya, Anda kebetulan berada di sana. Eva, Sula, Nel, dan Shadrack semua menyaksikan kehancuran orang lain.[2][3][4]

Alur[sunting | sunting sumber]

The Bottom adalah komunitas yang sebagian besar berkulit hitam di Ohio, terletak di perbukitan di atas komunitas Medallion yang sebagian besar berkulit putih dan lebih kaya. The Bottom pertama menjadi komunitas ketika seorang master memberikannya kepada mantan budaknya. Hadiah ini sebenarnya tipuan, tuan memberi mantan budak sebidang tanah perbukitan yang buruk, meyakinkan budak bahwa tanah itu berharga dengan mengklaim bahwa karena berbukit, ia lebih dekat ke surga. Namun, triknya menyebabkan tumbuhnya komunitas yang bersemangat. Sekarang masyarakat menghadapi ancaman baru. Kulit putih kaya telah menyukai tanah, dan ingin menghancurkan banyak kota untuk membangun lapangan golf.

Shadrack, seorang penduduk dari bawah, bertempur di Perang Dunia I. Dia mengembalikan seorang pria yang hancur, tidak dapat menerima kompleksitas dunia. Dia tinggal di pinggiran kota, berusaha menciptakan ketertiban dalam hidupnya. Salah satu metodenya melibatkan pengelompokan ketakutannya akan kematian dalam ritual yang ia ciptakan dan beri nama Hari Bunuh Diri Nasional. Kota ini awalnya mewaspadai dia dan ritualnya, kemudian, seiring waktu, tanpa berpikir menerimanya.

Sementara itu, keluarga anak-anak Nel dan Sula berbeda. Nel adalah produk keluarga yang sangat percaya pada konvensi sosial, miliknya adalah rumah yang stabil, meskipun beberapa orang mungkin menganggapnya kaku. Nel tidak yakin dengan kehidupan konvensional yang diinginkan ibunya, Helene (untuknya keraguan ini dipalu di rumah ketika dia bertemu Rochelle) Neneknya dan mantan pelacur, satu-satunya wanita tidak konvensional dalam garis keluarganya. Keluarga Sula sangat berbeda.Dia tinggal bersama neneknya, Eva, dan ibunya, Hannah, yang keduanya dipandang oleh kota sebagai eksentrik dan longgar. Rumah mereka juga berfungsi sebagai rumah untuk tiga anak lelaki yang diadopsi secara informal dan aliran perbatasan yang stabil.

Terlepas dari perbedaan mereka, Sula dan Nel menjadi sangat dekat satu sama lain selama masa remaja. Namun, kecelakaan traumatis mengubah segalanya. Suatu hari, Sula main-main mengayunkan bocah tetangga, Chicken Little, di sekitar dengan tangannya. Ketika dia kehilangan cengkeramannya, bocah itu jatuh ke sungai terdekat dan tenggelam. Mereka tidak pernah memberi tahu siapa pun tentang kecelakaan itu meskipun mereka tidak berniat untuk menyakiti bocah itu. Kedua gadis itu mulai tumbuh terpisah. Suatu hari, dalam suatu kecelakaan, pakaian ibu Sula terbakar dan dia meninggal karena luka bakar.

Setelah sekolah menengah, Nel memilih untuk menikah dan menetap di peran konvensional istri dan ibu. Sula mengikuti jalan yang sangat berbeda dan menjalani kehidupan kemerdekaan yang sengit dan mengabaikan konvensi sosial. Tak lama setelah pernikahan Nel, Sula meninggalkan Bottom untuk jangka waktu 10 tahun. Dia memiliki banyak urusan, beberapa dengan pria kulit putih. Namun, dia menemukan orang-orang mengikuti rutinitas membosankan yang sama di tempat lain, jadi dia kembali ke bawah dan ke Nel.

Sekembalinya, kota menganggap Sula sebagai personifikasi kejahatan karena pengabaiannya terhadap konvensi sosial. Kebencian mereka sebagian bersandar pada hubungan antar-ras Sula, tetapi mengkristal ketika Sula berselingkuh dengan suami Nel, Jude, yang kemudian meninggalkan Nel. Ironisnya, pelabelan komunitas tentang Sula sebagai kejahatan sebenarnya memperbaiki kehidupan mereka sendiri. Kehadirannya di komunitas memberi mereka dorongan untuk hidup harmonis satu sama lain. Nel memutuskan persahabatannya dengan Sula. Tepat sebelum Sula meninggal pada tahun 1940, mereka mencapai rekonsiliasi setengah hati. Dengan kematian Sula, keharmonisan yang memerintah di kota dengan cepat menghilang.

Pada tahun 1965, dengan Bawah menghadapi prospek lapangan golf putih, Nel mengunjungi Eva di panti jompo. Eva menuduhnya berbagi kesalahan atas kematian Chicken Little. Tuduhannya memaksa Nel untuk menghadapi ketidakadilan penilaiannya terhadap Sula. Nel mengakui pada dirinya sendiri bahwa dia telah menyalahkan kematiannya sepenuhnya pada Sula dan menempatkan dirinya sebagai bagian baik dari hubungan itu. Nel menyadari bahwa setelah kematian Chicken Little dia terlalu cepat berpegang teguh pada konvensi sosial dalam upaya untuk mendefinisikan dirinya sebagai orang baik.Nel pergi ke kuburan dan berduka di makam Sula, memanggil nama Sula dengan sedih.[5][6]

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Cecile - Cecile adalah nenek dari agama Helene yang keras. Dia mengangkat Helene sejak lahir, dan mengatur pernikahan Helene dengan Wiley Wright, cucu keponakan Cecile. Ketika Cecile meninggal, Helene membawa putrinya Nel yang berusia 10 tahun ke New Orleans untuk pemakaman.
  • Chicken Little - Chicken Little adalah bocah tetangga. Suatu hari, Sula main-main mengayunkannya dengan tangannya. Dia tidak sengaja kehilangan cengkeramannya dan dia jatuh ke sungai, lalu tenggelam.
  • The Dewey - The Dewey adalah tiga anak Eva yang diadopsi secara informal, yang semuanya dia beri nama Dewey. Mereka dengan cepat menjadi tidak terpisahkan satu sama lain. Meskipun mereka terlihat sangat berbeda, orang kesulitan membedakan mereka. Mereka tidak pernah tumbuh menjadi ukuran dewasa penuh.
  • Old Willy Fields - Old Willy Fields adalah tertib di rumah sakit setempat.
  • Mr. Finley - Mr. Finley adalah penduduk dari Bawah. Tidak lama setelah Sula kembali ke bawah setelah sepuluh tahun absen, ia tersedak sampai mati dengan tulang ayam.
  • Jude Greene - Jude Greene adalah suami Nel dan bekerja sebagai pelayan di Hotel Medallion.
  • Ajax (Albert Jacks) - Ajax adalah yang tertua dari tujuh putra ibunya. Ajax memiliki banyak kekasih yang kerap berebut di jalanan. Dia selalu baik kepada kekasihnya, tetapi dia menemukan mereka tidak menarik. Satu-satunya cinta sejati dalam hidupnya adalah ibunya, seorang wanita sulap, dan pesawat terbang. Pada usia dua puluh satu, dia adalah kolam menghantui indah, anggun. Pria-pria lain iri dengan mulutnya yang sangat busuk. Bukannya dia sering mengutuk, tapi dia punya cara menanamkan kata-kata yang paling biasa dengan kekuatan.
  • Nel - Anak perempuan Helene, pada masa remaja ia mengembangkan persahabatan yang intens dengan Sula. Nel menikahi Yudas dan kemudian ditinggalkan olehnya.
  • BoyBoy Peace - BoyBoy Peace adalah suami Eva. Dia meninggalkannya ketika ketiga anak mereka masih kecil.
  • Eva Peace - Eva Peace ditinggalkan oleh suaminya, BoyBoy, ketika anak-anak mereka masih kecil. Dia berjuang untuk menjauhkan keluarganya dari kelaparan, tetapi dia hanya berhasil melalui kebaikan tetangga-tetangganya. Eva kemudian menjadi ibu pemimpin yang bersemangat atas rumah tangga yang sibuk, termasuk Hannah, Sula, Ralph, Tar Baby, Dewey, dan aliran asrama yang konstan.
  • Hannah Peace - Hannah Peace adalah anak tertua Eva. Dia pindah kembali bersama ibunya setelah suaminya, Rekus, meninggal ketika putri mereka, Sula, berusia tiga tahun. Seperti ibunya, Hannah mencintai kejantanan.Dia sering, urusan singkat dengan pria yang suka padanya. Banyak wanita membencinya, tetapi mereka tidak membencinya. Pria tidak menggosipkannya karena dia wanita yang baik dan murah hati. Mereka sering membelanya melawan kata-kata kasar dari istri mereka.
  • Pearl Peace - Pearl Peace adalah anak kedua Eva. Dia sebenarnya dinamai Eva, tetapi Eva memberinya julukan "Pearl." Pearl menikah pada usia 14 dan pindah ke Flint, Michigan. Dia sesekali menulis surat biasa tentang perincian pernikahan dan keibuan sehari-hari.[7][8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sula by Toni Morrison: 9781400033430 | PenguinRandomHouse.com: Books". PenguinRandomhouse.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-01. 
  2. ^ a b GradeSaver. "Sula Essays | GradeSaver". www.gradesaver.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-01. 
  3. ^ "Themes in Sula". www.lotsofessays.com. Diakses tanggal 2020-05-01. 
  4. ^ "Sula by Toni Morrison: THEMES - THEME ANALYSIS / PLOT STRUCTURE ANALYSIS". thebestnotes.com. Diakses tanggal 2020-05-01. 
  5. ^ "LitCharts". LitCharts (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-01. 
  6. ^ Morrison, Toni. (1974, [©1973]). Sula / Toni Morrison (edisi ke-[1st ed.]). New York,: Knopf; [distributed by Random House]. ISBN 0-394-48044-9. OCLC 662097. 
  7. ^ "Essay on Sula by Toni Morrison - 1521 Words | Bartleby". www.bartleby.com. Diakses tanggal 2020-05-01. 
  8. ^ "Toni Morrison's Sula | African-American Literature". UKEssays.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-01.