Lompat ke isi

Suku Yola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baroni Forth dan Bargy di County Wexford, Irlandia

Suku Yola, dikenal secara historis sebagai suku Forth dan Bargy atau Forther,[1] adalah suku bangsa yang terbentuk di baroni Forth dan Bargy di County Wexford setelah invasi Irlandia oleh Norman di Teluk Bannow pada tahun 1169. Mereka merupakan keturunan penjajah Norman asli sehingga mereka berbeda dari penduduk Irlandia lainnya dalam hal kebiasaan, tata krama dan penampilan. Seiring berjalannya waktu, suku Yola menjadi bercampur dengan campuran etnik Abad Pertengahan yang beranekaragam yang menjajah County Wexford, antara lain Prancis, Norman, Denmark, Wales, Inggris, Irlandia, Flandria dan penjajah Nordik Kuno asli yang menjajah kawasan tersebut sebelum invasi.

Bahasa Yola, juga dikenal sebagai dialek Forth dan Bargy, merupakan bahasa yang khas yang terbentuk di dua baroni. Bahasa ini terutama dituturkan dengan struktur bahasa Inggris Kuno/Pertengahan tetapi mengandung banyak kata pinjaman dari bahasa Irlandia, Prancis Norman dan Nordik Kuno. Bahasa ini agak mirip dengan dialek Dorset di Inggris Barat, banyaknya kata pinjaman dam bahasa ini dimanfaatkan sebagai sumber oleh riset besar dalam banyak akademik.

Kemunduran

[sunting | sunting sumber]

Suku Yola pada akhirnya bersatu dengan budaya Irlandia. Banyak lahan yang disita selama kolonisasi dan bahasa Inggris modern diperkenalkan pada saat ini. Bahasa Yola pada akhirnya ditinggalkan dengan faktor yang sama seperti kemunduran bahasa Irlandia di county tersebut, yaitu stigmatisasi bahasa dan pengenalan bahasa Inggris di sekolah-sekolah. Bahasa ini secara resmi dinyatakan punah pada tahun 1850-an, tetapi bahasa ini masih memiliki penutur hingga tahun 1998 dengan kematian Jack Devereux.[2] Keturunan mereka masih menghuni baroni dan banyak kebiasaan dan kata masih bertahan di area tersebut.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Poole, Jacob (1867). "Glossary of the Dialect". Dalam Barnes, William. A Glossary, with Some Pieces of Verse, of the Old Dialect of the English Colony in the Baronies of Forth and Bargy, County of Wexford, Ireland (dalam bahasa English). London: John Russell Smith. hlm. 27–28. Diakses tanggal 2022-04-28 – via Internet Archive. A lawful form from bren, to burn, but I know it not in another Teutonic speech. It is a good word. Did the Forthers make it? 
  2. ^ "Fascinating book on Yola dialect of Forth and Bargy". independent. 24 April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 December 2021. Diakses tanggal 28 April 2022. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]