Suku Shahson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shahson adalah salah satu suku terbesar berbahasa Turki dan penting di Provinsi Ardabil dan Azarbaijan Timur, Iran.

Inti utama berdirinya suku Shahson adalah seorang pemimpin bernama Yun Sur Pasha yang bermigrasi dari tanah Kekaisaran Ottoman ke Iran. Ia setelah mendapatkan izin dari Kaisar Shah Abbas Safawi, dan mengambil nama “Shahson” dari kota Aras, dikenal sebagai leluhur dari suku Shahson.

Peninggalan berkas dan prasasti menunjukkan bahwa pada masa pemerintahan Shah Abbas Safawi, kelompok Ghezelbash, yang dianggap sebagai tentara utama pemerintahan Safawi, memberontak terhadap Shah. Shah Abbas untuk mengusir hasutan mereka, memanggil beberapa kelompok warga sipil dari berbagai daerah seperti Mesopotamia, Asia Kecil dan sekitranya; dan Ia menyatukan mereka dan memberi mereka gelar “Shahson” yang artinya “Pencinta Shah (Raja)”. Shahson mampu menekan pemberontakan Ghezelbash dan mempertahankan perbatasan wilayah di Iran melawan Uzbek dan lainnya.

Pada abad ke-12 H, kesatuan Shahson yang tersebar di Sungai Aras terbagi menjadi dua bagian. Sebagaian suku Shahsoon pindah ke Meshkinshahr dengan nama Serikat Suku Shahsoon Meshkinshahr dan kelompok yang tersisa tetap di Ardabil dengan nama Shahson Ardabil.

Saat ini, sebagian besar Shahson telah dibantai dan kelompok dari mereka mencari padang rumput untuk ternak di antara daerah pedesaan Ardabil, Bilesvar, Parsabad, dll. Mereka hidup secara nomaden dari satu tempat ke tempat lainnya. Kelompok Shahson juga tersebar di provinsi tengah Teheran, Qom, Qazvin dan Hamedan.

Suku Shason mulai dari marga kecil atau besar, hidup bersama secara nomaden. Kelompok terbesar dari suku nomaden ini dikenal dengan nama “ Gubak”. Kelompok Gubak menopang sekitar 20-30 keluarga, dan bersama-sama memiliki lading dan sumber olahan pangan. ‘Oube” merupakan kelompok lain dari Shahson yang berkumpul karena kebutuhan perdagangan dan produksi. Beberapa sumber mengatakan bahwa tercatat sekitar 90 suku Oube di Iran.

Yang memegang kekuasan pada suku Shahson disebut dengan nama “Il-Big”. Ia memiliki tugas untuk mengawasi ketertiban, pengambilan pajak, dll. Namun Ketua dari setiap kelompok Shahson disebut “Big” yang dipilih oleh Il-Big. Tugasnya adalah memimpin politik, ekonomi dan agama-sosial dari suku-suku tersebut.

Tidak ada angka pasti dari populasi Shahson, namun pada tahun 1998 tercatat sekitar 12353 keluarga dan sekitar 81917 jiwa jumlah suku Shahson di Iran.[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

1- Tapper,Richard. Frontier nomads of Iran, Cambridge, 1997, Hal.58-59.

2- "Shahson di Iran", Studi Sejarah Iran, Hal. 10-16

3- Sherwani, Zina al-Abidin bin Iskandar. بستان السياحه.1936, Hal..316: Teheran.

4- Oben, Eugene. Iran Hari Ini. Diterjemahkan oleh Ali Asghar Saeedi, Teheran: 1982, Hal. 134.

5- Tapper, Richard. "Organisasi Komunitas Kecil di Timur Tengah", diterjemahkan oleh H. Mazda, Koleksi Buku Sadr, Suku dan Pengembara. Teheran: 1983, Hal.289.

6- Sensus sosial dan ekonomi suku nomaden pada tahun 1998, penduduk nomaden di pedesaan. Teheran: 1999, Hal. 14-20, 31

  1. ^ "شاهسون‌ها". ویکی‌پدیا، دانشنامهٔ آزاد (dalam bahasa Persia). 2021-02-19.