Suku Kaledonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suku-suku Britania utara, menurut buku yang ditulis oleh Ptolemy pada abad ke-2 masehi yang berjudul Geographia.

Suku Kaledonia (Latin: Caledones atau Caledonii; Yunani: Καληδῶνες, Kalēdōnes), atau Konfederasi Kaledonia, adalah suku kuno penutur bahasa Britonik (Keltik) di tempat yang sekarang disebut sebagai Skotlandia selama Zaman Besi dan era Romawi.

Bentuk dalam bahasa Yunani dari nama suku tersebut memunculkan nama Kaledonia untuk wilayah mereka. Suku Kaledonia juga dianggap sebagai salah satu bagian dari Suku Briton,[1] tetapi kemudian, setelah penaklukan Romawi di bagian selatan Britania, penduduk utara dibedakan sebagai suku Pict. Demikian, Kaledonia merupakan salah satu musuh Kekaisaran Romawi, yang pada waktu itu memerintah dan menguasai sebagian besar Pulau Britania Raya sebagai provinsi Britania Romawi.

Suku Kaledonia, seperti kebanyakan suku-suku Kelt di Britania, adalah ahli pembangun benteng bukit dan petani yang mengalahkan dan dikalahkan oleh Romawi dalam beberapa perang. Bangsa Romawi tidak pernah sepenuhnya menduduki Kaledonia, meskipun beberapa upaya dilakukan. Hampir semua informasi yang tersedia tentang suku Kaledonia didasarkan pada sumber-sumber yang didominasi Romawi, yang mungkin menunjukkan bias sejarah.

Peter Salway berasumsi bahwa Kaledonia adalah suku-suku Pict yang berbicara dalam bahasa yang sangat berkaitan dengan bahasa Britonik Umum, atau merupakan salah satu dialeknya[2] ditambah dengan perlawanan dari pejuang suku Briton Kelt yang merupakan buronan kabur dari provinsi Britania Romawi. Namun, hal ini dibantah oleh fakta, bahwa menurut buku "Life of Saint Columba", utusan Irlandia membutuhkan penerjemah untuk berbicara dengan raja Pict atau mengasimilasi individu tertentu dalam kerajaan mereka. Suku Kaledonia, yang setelah itu dinamai Konfederasi Kaledonia, mungkin telah bergabung dalam konflik dengan Romawi oleh suku-suku di Skotlandia tengah utara pada saat ini, seperti Vacomagi, Taexali, dan Venicones, yang dicatat Ptolemy. Bangsa Romawi mencapai kesepakatan dengan suku Briton, seperti Votadini sebagai negara penyangga yang efektif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopaedia Romana. University of Chicago. accessed March 1, 2007
  2. ^ Watson 1926; Jackson 1955; Koch 1983; Smyth 1984; Forsyth 1997; Price 2000; Forsyth 2006; Woolf 2007; Fraser 2009

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]