Strongman Champions League

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Strongman Champions League
Berkas:Strongman Champions League (logo).png
Strongman Champions League
OlahragaAngkat beban
Didirikan2008
Juara
terkini
Latvia Dainis Zageris[1]
Situs web resmiwww.strongmancl.com

Strongman Champions League adalah kompetisi manusia terkuat yang digelar sepanjang tahun dan peraih juara SCL akan dilaksanakan pada akhir musim. Peserta termasuk beberapa atlet top dalam olahraga, termasuk Zydrunas Savickas, Krzysztof Radzikowski, Travis Ortmayer, Nick Best, Mikhail Koklyaev, Ervin Katona, Andrus Murumets, Laurence Shahlaei, Vytautas Lalas dan Terry Hollands.

Berawal dalam kemitraan erat dengan APPI, dengan cepat menegaskan kemerdekaannya dan telah bertindak sebagai kekuatan pemersatu dalam dunia atletik kekuatan, membawa bersama atlet dari APPI dengan orang-orang yang beranggota dengan sirkuit World's Strongest Man, dan memiliki kerjasama yang erat dengan peristiwa-peristiwa besar lainnya seperti Fortissimus.

Pada tahun 2012, SCL mulai mempromosikan kontes baru, Arnold Strongman Classic yang akan menjadi bagian dari musim tahunan SCL.

Di Indonesia, Program ini ditayangkan di RTV pada bulan September 2020

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Strongman Champions League di Gibraltar
Strongman Champions League di Gibraltar

Strongman Champions League dikembangkan oleh Ilkka Kinnunen dan Marcel Mostert, promotor manusia kuat terlama, dengan kontes besar untuk kredit mereka di seluruh dunia, dan diluncurkan pada tahun 2008. Kinnunen & Mostert menggambarkan SCL sebagai "episode baru dalam manusia terkuat".[2]

Seri lengkap dari 10-12 kompetisi, yang akan berlangsung di seluruh dunia, tetapi sebagian besar kompetisi akan diadakan di Eropa. Juara terbaik, wasit dan penyelenggara mereka akan menjadi jaminan kegembiraan baru yang segar dalam olahraga Strongman. Tempat kompetisi adalah yang terbaik yang dapat ditawarkan oleh masing-masing negara dan itu akan mencakup unsur tradisional negara itu sendiri.[2] Serta mengutip bahwa semua poin akan terakumulasi untuk Pemenang Liga Juara pada akhir tahun, panitia juga secara eksplisit menyatakan bahwa "Aturan akan dilakukan secara resmi dan bahwa 3 besar akan ditempatkan langsung di Kejuaraan Dunia".[2] Mostert juga mengatakan "Semua bersama-sama kita berpikir bahwa ini adalah platform sempurna dari kompetisi yang akan membawa pada Kejuaraan Dunia hebat lainnya.".[2]

Dengan demikian, IFSA saling terkait erat pada awal liga. IFSA, bagaimanapun, berada dalam kesulitan keuangan yang dilaporkan mengerikan menjelang akhir tahun itu. Pada bulan Desember, Mostert menjauhkan liga dari badan pemerintahan yang sakit dan secara eksplisit mengatakan bahwa Strongman Champions League tidak ada hubungannya dengan IFSA. Dia mengatakan kepada IronMind "Kami memiliki logo kami sendiri, kami memiliki merek kami sendiri, kami melakukan kompetisi kami sendiri."[3] Situsnya sendiri diluncurkan tak lama kemudian.

Penyelenggara liga awalnya melaporkan bahwa kompetisi Liga Juara akan disiarkan di televisi dan tersebar di seluruh dunia dan mereka merilis daftar tempat yang telah diatur sebelumnya. Dalam iklim ekonomi yang keras pada tahun 2008, liga tidak kebal terhadap dampaknya, dan liga memang harus membatalkan beberapa tempat, tetapi tidak seperti IFSA, sebagian besar kompetisi masih berlangsung. Pada tahun 2008, SCL memiliki 45 atlet papan atas yang bersaing, mewakili lebih dari 20 negara.[4]

Kerjasama Fortissimus[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008 Paul Ohl menyatakan bahwa Strongman Champions League adalah satu dari tiga organisasi yang telah membuat kesepakatan dengan Fortissimus untuk menyatukan komunitas kekuatan dunia, yang lainnya adalah American Strongman Corporation, dan organisasi Aussiepower.

Dalam perjanjian tersebut, Fortissimus, kompetisi yang menganugerahkan gelar "Manusia Terkuat di Planet", menjamin bahwa pemenang gelar Manusia Terkuat di Amerika akan mendapatkan slot di Fortissimus dari tahun 2009, seperti juga pemenang gelar Manusia Terkuat Australia.

Kesepakatan dengan Strongman Champions League melangkah lebih jauh, menyatakan bahwa tiga atlet teratas akan menjamin tempat dan sebagai gantinya atlet top Kanada akan menjamin partisipasi terpilih di Liga Juara.[5]

Ini kemudian berlanjut, menjamin SCL dengan lima atlet teratasnya akan memiliki tempat.[4] Kesepakatan tersebut direkonstruksi kembali dalam sebuah pernyataan bersama dari Marcel Mostert dan Paul Ohl di awal tahun 2009.[4]

2009 dan bergabung dengan WSM[sunting | sunting sumber]

Program tahun 2009 direncanakan dengan sepuluh kontes utama sesuai jadwal. Selain itu, kontes pengumpan diperkenalkan, satu terjadi di Spanyol pada bulan Desember 2008 dan sebuah acara lebih lanjut di Jerman disebut FIBO Strongman Classic pada bulan April 2009. Dua atlet terbaik dari edisi FIBO Classic 2009 ini dijamin masuk ke Liga Juara, dan dipostulasikan bahwa acara Jerman ini akan dipromosikan menjadi status SCL penuh pada tahun 2010.

Strongman Champions League yang penting membuat kemajuan lebih jauh dalam bertindak sebagai bagian fundamental dari gerakan pemersatu untuk atletik kekuatan dunia dengan membuat rencana untuk membantu atletnya mengikuti kontes World's Strongest Man 2009. Mostert menyatakan bahwa "5 besar atlet SCL akan memiliki tempat di tur Giants Live untuk kualifikasi di World's Strongest Man (WSM) 2009". Selain itu, ia juga menyatakan bahwa kartu liar untuk WSM akan mencakup atlet SCL. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa "Akhirnya kami membuat semua kemungkinan lagi bahwa semua atlet memiliki kesempatan untuk memenuhi syarat untuk WSM, yang menurut saya WSM akan memiliki bidang terkuat yang pernah ada dalam sejarahnya!". Dia kemudian berterima kasih kepada TWI/IMG dan Giants Live atas peran mereka dalam membuat kemungkinan ini. Ini menjadi terobosan karena beberapa tahun sebelum ini, para atlet dibawah IFSA telah dilarang oleh federasi untuk memasuki WSM (karena IFSA tidak disukai TWI). Demikian juga, para atlet yang diundang untuk berpartisipasi dalam WSM tidak diundang untuk berpartisipasi dalam acara IFSA. Beberapa kompetisi menjembatani perpecahan, seperti Arnold Strongman Classic dan yang baru-baru ini adalah Fortissimus, tetapi tidak memiliki sejarah atau gravitas, atau daya tarik populer dari Manusia Terkuat Dunia yang ikonik. Atlet IFSA, dengan runtuhnya keuangan IFSA, hampir semua berkompetisi di SCL dari tahun 2008. Kesepakatan ini, bersamaan dengan kesepakatan Fortissimus sebelumnya, menyatukan orang kuat dengan cara yang tidak seperti itu sejak 2004.

Musim 2009 dimulai dengan tepat pada tanggal 9 Mei, dengan Strongman Champions League Serbia. Finlandia menyusul pada tanggal 16 Mei,[6] dengan Slowakia dan Belanda pada bulan Juni.

Hasil akhir[sunting | sunting sumber]

Tabel pemenang SCL[sunting | sunting sumber]

Tahun Atlet Negara asal
2008 Zydrunas Savickas  Lituania
2009 Andrus Murumets  Estonia
2010 Terry Hollands  Britania Raya
2011 Ervin Katona  Serbia
2012 Zydrunas Savickas  Lituania[1]
2013 Krzysztof Radzikowski  Polandia
2014 Martin Wildauer  Austria
2015 Krzysztof Radzikowski  Polandia
2016 Dainis Zageris  Latvia

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]