Straight Flush (B-29)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar artistik hidung pesawat Straight Flush

Straight Flush adalah nama dari pesawat B-29 Superfortress (B-29-36-MO 44-27301, Nomor Victor 85) yang berpartisipasi dalam serangan bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945.

Ditugaskan ke dalam jajaran Skuadron Pengeboman 393d, 509th Composite Group, pesawat ini digunakan sebagai pesawat pengintai cuaca dan terbang di atas kota sebelum serangan untuk menentukan apakah kondisinya baik untuk penurunan visual. Pilot Claude Eatherly kemudian menyatakan penyesalannya, menjalani rawat inap psikiatris, dan terlibat dalam aktivitas anti-nuklir, yang mungkin menjadi asal dari legenda urban yang menceritakan bahwa pilot Eatherly, Enola Gay Paul Tibbets, atau anggota kru kedua pesawat lainnya menjadi gila setelah pengeboman itu.

Riwayat pesawat[sunting | sunting sumber]

Straight Flush.

Straight Flush adalah salah satu dari lima belas Silverplate B-29 yang digunakan oleh 509th Composite Group dalam penugasannya ke North Field (Tinian). Pesawat ini adalah satu dari sepuluh B-29 yang dibuat oleh perusahaan Glenn L. Martin Company di Omaha, Nebraska, sebagai "blok 35" B-29 tetapi kemudian diubah menjadi "blok 36" untuk menunjukkan konfigurasi khusus. Pesawat ini diterbangkan dari Omaha ke pangkalan ke-509 di Wendover Army Air Field, Utah, pada tanggal 2 April 1945, kemudian diserahkan kepada Kapten Claude Eatherly dan awak C-11 yang berangkat tanggal 8 Juni 1945 dan tiba di Tinian pada 13 Juni.

Awalnya ditugaskan Victor (identifikasi penugasan unit) nomor 5 tetapi pada 1 Agustus diberi marka segitiga N pada bagian ekornya dari Grup Pengeboman 444 sebagai langkah pengamanan dan nomor Victor-nya diganti menjadi 85 untuk menghindari kesalahan identifikasi dengan pesawat BG ke-444 yang sebenarnya. Dinamakan 'Straight Flush', konon karena berdasarkan kegemaran Eatherly bermain judi.

Dari Juni hingga Agustus, pesawat ini melakukan 11 kali misi pelatihan, dan enam misi tempur termasuk menjatuhkan "bom labu" (bom TNT lima ton dengan karakteristik penanganan yang sama dengan senjata nuklir) pada target industri Jepang. Awak Eatherly mengebom Tokyo 20 Juli, Otsu 24 Juli, Kanose 26 Juli, dan Maizuru 29 Juli dengan menggunakan pesawat Straight Flush, sedangkan Letnan Satu Charles D. Albury dan kru C-15 menggunakannya untuk mengebom Koromo (挙母 Koromo-shi) (sekarang Toyota, Aichi). Pada 6 Agustus, Straight Flush melakukan sebuah misi ke Jepang sebagai pesawat patroli cuaca untuk persiapan bom Hiroshima, dua hari kemudian, pesawat ini melakukan penerbangan tempur terakhirnya yaitu serangan bom di Yokkaichi.

Menurut narasumber (Campbell) menyatakan bahwa pada misi bom labu pertama, pada 20 Juli, Eatherly berusaha untuk mengebom Istana Kekaisaran Tokyo dalam cuaca mendung berawan tebal yang ia sebut sebagai "target peluang", tetapi gagal, bom mengenai sebuah jembatan yang disebut Gofukubashi. Serangan itu bertentangan dengan pembatasan pengeboman (untuk melindungi orang Kaisar Hirohito) tetapi tampaknya kejadian ini tidak dihukum.

Pada bulan November 1945 Straight Flush bersama dengan 509th Composite Group kembali ke Roswell Army Air Field, New Mexico. Dari Maret hingga Agustus 1946 ditugaskan dalam gugus tugas Operasi Crossroads, setelah itu bergabung kembali dengan 509th di Roswell.

Pada bulan Juni 1949 Straight Flush dipindahkan ke Grup Operasi ke-97 di Pangkalan Angkatan Udara Biggs, Texas, kemudian dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Tinker pada bulan April 1950 untuk menjalani modifikasi spesifikasi pelatih TB-29 di Area Materiel Udara Kota Oklahoma.

Tugas selanjutnya adalah:

Pada bulan Desember 1953 dikirim ke Grup Penyimpanan Pesawat ke-3040 di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan, Arizona dan pada Juli 1954 pesawat Straight Flush dihancurkan.

Pada 2015, sebuah pesawat B-29 yang diawetkan lainnya yang dikenal sebagai "Hagarty's Hag" di Hill Aerospace Museum dicat ulang menyerupai pesawat Straight Flush.[1][2]

Awak misi Hiroshima[sunting | sunting sumber]

Awak C-11 (ditugaskan secara reguler untuk pesawat Straight Flush)

  • Kapten. Claude R. Eatherly, Komandan Pesawat
  • Letnan 2 Ira C. Weatherly, Pilot
  • Kapten Francis D. Thornhill, Navigator
  • Letnan Dua Frank K. Wey, Jr, Bombardier
  • Letnan 2 Eugene S. Grennan, Insinyur Penerbangan
  • Sersan Pasquale Baldasaro, Operator Radio
  • Sersan Albert G. Barsumian, Operator Radar
  • Sersan Gillon T. Niceley, Tail Gunner
  • Sersan Jack Bivan, Asisten Insinyur/Pemindai
  • Sersan Robert Wasz, Navigator "perjalanan selesai"

Pesawat lain yang bernama Straight Flush[sunting | sunting sumber]

Tiga FB-111A pembom strategis USAF Sayap Bom 509, serial 68-0256, 69-6503, dan 69-6512, memakai nama dan hidung asli artistik 'Straight Flush' di pintu roda hidung mereka ketika berpangkalan di Pangkalan Angkatan Udara Pease, New Hampshire, pada 1970-an dan 1980-an.

Referensi[sunting | sunting sumber]