Lompat ke isi

Story:Zooplanton air tawar dari filum Rotifera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rotifera
Rotifera atau rotifer (biasa disebut hewan roda) membuat sebuah filum dari hewan pseudoselomata mikroskopis dan dekat mikroskopis.
Micropix
Sebagian rotifera panjangnya sekitar 0,1-0,5 mm (meskipun ukuran mereka dapat berkisar dari 50 μm sampai 2 mm lebih), dan yang umum di lingkungan air tawar di seluruh dunia dengan beberapa spesies air asin; misalnya, genus Synchaeta.
Micropix
Beberapa rotifera berenang bebas dan benar-benar planktonik, yang lain bergerak dengan inchworming sepanjang substrat, dan beberapa sessile, hidup di dalam tabung atau holdfasts agar-agar yang melekat pada substrat.
Frank Fox
Rotifera adalah bagian penting dari zooplankton air tawar, menjadi sumber makanan besar dan dengan banyak spesies juga berkontribusi terhadap dekomposisi bahan organik tanah.
user:Absolutecaliber
John Harris pertama kali mendeskripsikan rotifera (khususnya Bdelloidea) pada tahun 1696 sebagai "binatang seperti belatung besar yang dapat mengkerut menjadi bulat lali meregangkan dirinya lagi, ujung ekornya muncul dengan forsep seperti Dermaptera".
Juan Carlos Fonseca Mata