Lompat ke isi

Story:Taman Tino Sidin, Museum dan Galeri yang Bikin Betah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Taman Tino Sidin
1 gambar yang digunakan di Wikistories ini sudah tidak tersedia di Wikimedia Commons.
Museum Taman Tino Sidin adalah museum khusus yang menyimpan koleksi karya dari Tino Sidin. Peresmian museum dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2014 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Museum ini digunakan sebagai tempat kegiatan seni bagi anak-anak.
Museum Taman Tino Sidin mengoleksi dua jenis karya seni utama yaitu sketsa dan lukisan. Beberapa jenis sketsa yang dikoleksi yaitu sketsa hitam putih, sketsa cat, dan sketsa spidol.
Faa.story
Sedangkan beberapa jenis lukisan yang dikoleksi yaitu lukisan cat minyak, lukisan cat akrilik. Museum ini juga mengoleksi memorabilia, foto, dan surat pribadi dari Sidin.
Faa.story
Museum ini beralamat di Jalan Tino Sidin 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Titik koordinatnya di 7°47’58.1” Lintang Selatan dan 110°20’41.6” Bujur Timur.
Faa.story
Museum Taman Tino Sidin didesain bak rumah. Jika masuk ke dalam rasanya seperti masuk rumah orang.
Faa.story
Walau begitu, Museum Taman Tino Sidin tertata rapi, bersih, sejuk, dan nyaman. Pengunjung akan betah apalagi koleksi-koleksinya bagus, bahkan ada yang interaktif.
Faa.story
Salah satu koleksi Museum Taman Tino Sidin berupa lukisan. Tak heran jika tempat ini juga banyak disebut “Galeri Tino Sidin”.
Faa.story
Di Museum Taman Tino Sidin banyak lukisan yang dipamerkan secara berkala dan dirotasi. Saking banyaknya koleksi.
Faa.story
Museum Taman Tino Sidin diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI masa itu, Prof Dr. Muhadjir Effendy pada 6 Desember 2017.
Faa.story