Story:Stasiun Manggarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stasiun Manggarai
Stasiun Manggarai (MRI) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan; pada ketinggian +13 meter; termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta.
Syaifan Bahtiar Nirwansyah
Sejak pengoperasian KRL Commuter Line, stasiun ini menjadi semakin padat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah penumpang naik-turun, serta banyak perusahaan restoran dan pertokoan waralaba internasional yang membuka cabang di sini.
TyewongX (bicara · kontrib)
Bersebelahan dengan depo dan bangunan stasiun terdapat Balai Yasa Manggarai, yang merupakan bengkel untuk melakukan perawatan rutin dan reparasi kereta penumpang.
Braverious (Raihan Hadianto)
Stasiun ini melayani KAI Commuter tujuan Bogor, Depok, Jatinegara, Jakarta Kota, dan Cikarang serta KAI Bandara tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
Letak stasiun berada di persimpangan tujuh: ke Jatinegara, Jakarta Kota, Tanah Abang, Bogor, Depo KRL Bukit Duri, Pengawas Urusan Kereta, serta Balai Yasa Manggarai.
Ikko Haidar Farozy
Direktorat Jenderal Perkeretaapian mulai melakukan renovasi stasiun ini pada tahun 2017 dengan menambahkan bangunan baru dengan arsitektur modern minimalis futuristik menjadi sebanyak tiga lantai.
Braverious (Raihan Hadianto)
Akses peron melalui pintu utama di sisi barat stasiun juga terintgrasi dengan Transjakarta melalui Halte Manggarai.
Pilar Gusmao
Saat ini, tidak ada kereta api jarak jauh yang berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persilangan atau persusulan antarkereta api.
Rifkymoch
Direncanakan semua kereta penumpang jarak jauh dan menengah dengan terminus di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai.
Muhammad Pascal Fajrin