Story:Seperti Apa Meriahnya Sekaten?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekaten
Sekaten (Hanacaraka: ꦱꦼꦏꦠꦺꦤ꧀), merupakan rangkaian kegiatan tahunan sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diadakan oleh dua keraton di Jawa yakni Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Rangkaian perayaan secara resmi berlangsung dari tanggal 5 dan berakhir pada tanggal 12 Mulud penanggalan Jawa (dapat disetarakan dengan Rabiul Awal penanggalan Hijriah).
Midori
Beberapa acara penting perayaan ini adalah dimainkannya gamelan pusaka di halaman Masjid Agung masing-masing keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad dan rangkaian pengajian di serambi Masjid Agung.
Tidak disediakan penulis yang bisa dibaca oleh mesin. Diasumsikan adalah Giovanni Sciarrino (berdasarkan klaim hak cipta).
Puncak perayaan berikutnya adalah perayaan Grebeg Maulud sebagai bentuk syukur pihak istana dengan keluarnya sejumlah gunungan untuk diperebutkan oleh masyarakat.
Kembangraps
Perayaan ini dimeriahkan pula oleh pasar malam (biasa disebut "Sekatenan") yang dilangsungkan di alun-alun Utara masing-masing Keraton yang dimana berlangsung selama sekitar 40 hari, dimulai pada awal bulan Sapar (Safar).
Midori