Story:Rawon, Sup Terenak di Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rawon
Rawon (Aksara Jawa:ꦫꦮꦺꦴꦤ꧀) adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Kabupaten Ponorogo yang berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek, Makanan ini telah berusia lebih dari 1.000 Tahun. Rawon, Menyebar keluar Ponorogo karena Ponorogo memiliki peran Penting dari masa ke masa, hingga dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).
christian razukas from Honolulu, Hawaii
Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal. Beberapa pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon adalah olahan jeroan dan di daerah Pasuruan rawon juga lazim dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe) dan disajikan di atas daun pisang. Kunci lezat rawon juga berada pada olahan kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda, maupun kulit.
christian r from Jakarta
Dalam penilaian Ensilkopedia kuliner dunia Taste Atlas, Rawon dinobatkan sebagai sup terenak sebagai urutan pertama yang menyisihkan Ramen dari Jepang, Tom Khai Hai dari Thailand dan sup-sup dari belahan negara lainnya.
Fitri Penyalai