Story:Pattimura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pattimura
Thomas Matulessy atau Thomas Matulessia, dikenal sebagai Kapitan Pattimura atau Pattimura (8 Juni 1783 – 16 Desember 1817 ), adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Haria, Saparua, Maluku.
PL09Puryono
Kapitan Pattimura lahir sebagai Thomas Matulessy pada 8 Juni 1783 di Saparua. Leluhur keluarga Matulessy berasal dari Pulau Seram. Turun-temurun mereka berpindah Moyang Thomas Matulessy ke Titawaka (sekarang negeri Itawaka). Di antara turunannya ada yang menetap di Itawaka, ada yang berpindah ke Ullath, dan ada yang berpindah ke Haria.
Rika Lisnawati Tuanany
Thomas tidak menikah. Sedangkan Yohannis menurunkan keluarga Matulessy yang berdiam di Haria. Zeth Matulessy, seorang pegawai pekerjaan umum Provinsi Maluku, menjadi ahli waris Thomas dan Yohannis, yang memegang surat pengangkatan Kapitan Pattimura sebagai Pahlawan Nasional. Dia juga menyimpan pakaian, parang dan salawaku milik Pattimura.
Steijlen, Fridus
Pada tahun 1810, kepulauan Maluku diambil alih dari penjajahan Belanda oleh Inggris. Dampak pemerintahan baru Inggris di Maluku dinilai baik oleh semua kalangan. Rakyat tidak merasa adanya tekanan dari penguasa lama yang kembali tersebut. Hal itu dirasakan juga oleh Thomas Matulessy dan teman-teman seperjuangannya di Lease, Kepulauan Maluku Tengah.
Steijlen, Fridus
Inggris menduduki wilayah Hindia Belanda pada 1811. Namun, kekalahan Inggris dalam perang melawan Prancis dan Belanda menyebabkan Inggris harus mengembalikan wilayah Hindia Belanda kepada Belanda melalui Konvensi London pada tahun 1814. Tapi, realisasi baru terjadi pada tahun 1816. Bahkan di Maluku peralihan baru terjadi pada tahun 1817.
Steijlen, Fridus