Story:Museum Sandi di Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Sandi
Museum Sandi (bahasa Jawa: ꦩꦸꦱꦶꦪꦸꦩ꧀ꦱꦤ꧀ꦢꦶ, translit. Musiyum Sandi) merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Museum Sandi berlokasi di Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta.
Sabjan Badio
(Seorang pengunjung melihat) koleksi museum yang meliputi: 1. Realia mesin sandi buatan dalam dan luar negeri 2. Replika alat persandian masa Yunani kuno, Mesir kuno dan Persia 3. Diorama pembentukan dinas kode 4. Maket Rumah Sandi Dukuh 5. Realia meja dan kursi Kamar Sandi Dukuh, Samigaluh, Kulonprogo 6. Replika sepeda kurir sandi 7. Replika buku kode, Surat Keputusan Presiden, dan dokumen lainnya. 8. Peta komunikasi sandi dan denah kotabaru pada masa Hindia-Belanda 9. Foto para Kepala BSSN dan foto para perintis Dinas Kode 10. Miniatur Monumen Sanapati.
Sabjan Badio
Museum Sandi dibangun atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006 kemudian diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 29 Juli 2008 bertempat di lantai dasar Museum Perjuangan Yogyakarta.
Sabjan Badio