Story:Mengenal Vladimir Lenin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vladimir Lenin
Vladimir Ilyich Ulyanov, yang lebih dikenal dengan julukan Lenin (22 April [K.J.: 10 April] 1870 – 21 Januari 1924), adalah seorang tokoh revolusioner komunis, politikus, dan teoretikus politik berkebangsaan Rusia.
Viktor Bulla
Nama Lenin sebenarnya adalah nama samaran yang diambil dari nama Sungai Lena di Siberia. Ia menjabat sebagai kepala pemerintahan Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (RSFS Rusia) dari tahun 1917 hingga kematiannya dan juga sebagai kepala pemerintahan Uni Soviet dari tahun 1922 hingga akhir hayatnya.
Pavel Semyonovich Zhukov (1870-1942)
Lenin berhaluan politik Marxis dan telah ikut menyumbangkan gagasan politiknya dalam pemikiran Marxis yang disebut sebagai Leninisme.
Maria Ilyinichna Ulyanova
Lenin terlahir sebagai putra dari keluarga kelas menengah di Simbirsk, Kekaisaran Rusia. Ketertarikannya pada politik revolusioner sayap kiri diawali dari hukuman mati yang dijatuhkan kepada seorang kakak laki-lakinya pada tahun 1887.
MirekT
Gagasannya itu bila digabung dengan teori ekonomi Marx dikenal dengan sebutan Marxisme–Leninisme.
Иван Николаевич Павлов / Ivan N. Pavlov
Ia sempat mengenyam pendidikan di Universitas Negeri Kazan, tetapi dikeluarkan karena terlibat dalam protes anti-Tsar, sehingga pada tahun-tahun berikutnya ia bergabung ke dalam gerakan politik radikal sebagai pengikut Marxisme.
Ministry of Communications of the USSR. The photoreproduction by A. Ryazantsev. The design of the stamp by German Komlev.Scanned by Dmitry Ivanov.
Pada tahun 1893, ia pindah ke Sankt Peterburg, menjadi tokoh senior dalam Liga Perjuangan untuk Emansipasi Kelas Buruh. Lenin kemudian ditangkap karena dituduh telah menghasut orang banyak dan diasingkan selama tiga tahun ke Siberia, dan di situ ia menikah dengan Nadezhda Krupskaya.
The documentary was produced by Searching for the Truth, but the actual images produced in 1924 or before that date.
Sebagai pemimpin faksi Bolshevik dari Partai Buruh Demokrat Sosial Rusia, ia memegang peran utama dalam melancarkan Revolusi Oktober 1917 yang berhasil menggulingkan Pemerintahan Sementara Rusia dan mendirikan RSFS Rusia.
Pyotr Novitsky