Story:Mengenal Araucariaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Araucariaceae
Araucariaceae adalah familia konifer yang sangat purba. Mereka mencapai keanekaragaman maksimum pada periode Jurassik dan Kapur saat mereka ada hampir di seluruh dunia.
Magnus Manske
Ada tiga genus dengan 41 spesies yang hidup sekarang, Agathis, Araucaria dan Wollemia, semuanya berasal dari flora Antarktika dan tersebar luas di belahan Bumi selatan.
Tatters:) on Flickr
Sejauh ini, keanekaragaman terbesar berada di New Caledonia (18 spesies), spesies lain di bagian selatan Amerika Selatan, Selandia Baru, Australia, dan Malesia, di mana Agathis sedikit menyebar ke belahan Bumi utara, mencapai 18°N di Filipina.
Tatters:) on Flickr
Semuanya berupa pohon yang berdaun sepanjang tahun, umumnya dengan batang tunggal yang kuat dan gelungan cabang yang sangat beraturan, memberi mereka penampilan yang formal.
Tatters:) on Flickr
Beberapa Araucariaceae merupakan pohon yang sangat populer di taman di daerah subtropis, dan beberapa juga pohon penghasil kayu, yang sangat penting, yang menghasilkan kayu bermutu tinggi. Beberapa mempunyai biji yang dapat dimakan seperti kacang pinus, dan yang lainnya menghasilkan resin dan ambar yang berharga.
Tatters:) on Flickr