Story:Kabupaten Nias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kabupaten Nias
Nias adalah salah satu kabupaten di Sumatra Utara yang terletak di Pulau Nias. Sejak tahun 2016, ibu kota Kabupaten Nias berada di Gido, yang sebelumnya ada di kota Gunungsitoli (1956-2016), yang sudah dimekarkan menjadi kota.
Doni Ismanto
Dalam bahasa daerah Nias, Pulau Nias disebut dengan istilah Tanö Niha. Penghasilan utama penduduknya sebagian besar masih mengandalkan dari hasil pertanian. Luas lahan potensial mencapai 81.389 hektare yang terdiri dari sawah 22.486 hektare dan lahan kering 58.903 hektare.
monica renata from jakarta
Kabupaten Nias memiliki andalan pariwisata antara lain: Rumah adat dengan peninggalan situs Megalit di Kabupaten Nias Barat Selancar (surfing) dan penyelaman (diving) ditambah keindahan pantai di Kabupaten Nias Barat dan Nias Selatan Tradisi Lompat batu dan Tari perang di Kabupaten Nias Selatan
Gunawan Kartapranata
Keadaan alam Nias yang subur sangat cocok untuk budi daya tanaman karet, kelapa, kopi, cengkih dan nilam. Karet dan kopra menjadi andalan utama hasil perkebunan. Produksi karet pada 1999 mencapai 13.624 ton, dan kopra 42.230 ton.
hotmahtg