Story:Hawaii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hawaii
Kepulauan ini ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada tanggal 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku Hawai'i yang merupakan turunan bangsa Polinesia. Kata Bahasa Hawaii Hawaiʻi sangat mirip dengan Proto-Polinesia Sawaiki, jika direkonstruksi berarti "tanah air". Sedarah dari Hawaiʻi yang ditemukan dalam bahasa Polinesia lainnya, termasuk Māori (Hawaiki), Rarotongan (ʻAvaiki) dan Samoa (Savai<span style="font-family:'Lucida Sans Unicode'"><span>ʻ</span></span>i). Menurut ahli bahasa Pukui dan Elbert, "di tempat lain di Polinesia, Hawaiʻi adalah nama dunia bawah atau rumah leluhur, tetapi di Hawaii, nama itu tidak memiliki arti".
USGS: Barry W. Eakins, Joel E. Robinson, Japan Marine Science and Technology Center: Toshiya Kanamatsu, Jiro Naka, University of Hawai'i: John R. Smith, Tokyo Institute of Technology: Eiichi Takahashi, and Monterey Bay Aquarium Research Institute: David A. Clague
Pada tahun 1978, bahasa Hawaii ditambahkan ke Konstitusi Negara Bagian Hawaii sebagai bahasa resmi negara bagian di samping bahasa Inggris. Judul konstitusi negara adalah Konstitusi Negara Bagian Hawaii. Pasal XV, Bagian 1 Konstitusi menggunakan Negara Bagian Hawaii.
Martin D. Adamiker