Story:Alaska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alaska
Alaska adalah sebuah semieksklave AS yang berbatasan darat dengan wilayah Kanada di Provinsi British Columbia dan Teritori Yukon di timur serta berbatasan laut dengan wilayah Rusia di Okrug Otonom Chukotka di barat, tepat di seberang Selat Bering. Di sebelah utara Alaska terdapat Laut Chukchi dan Laut Beaufort di Samudra Arktik, sedangkan Samudra Pasifik terletak di selatan dan barat daya.
Frank K. from Anchorage, Alaska, USA
Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar. Alaska merupakan divisi subnasional terbesar ke-7 di dunia. Negara bagian ini adalah yang ketiga paling sedikit penduduknya dan yang paling jarang penduduknya di Amerika Serikat. Namun, sejauh ini Alaska adalah wilayah dengan penduduk terbanyak di area utara paralel ke-60 Amerika, dengan populasi 736.081 jiwa pada tahun 2020—lebih banyak dari empat kali lipat populasi gabungan Kanada Utara dan Greenland. Sekitar setengah dari total penduduk Alaska tinggal di wilayah metropolitan Anchorage. Ibu kota negara bagian adalah Juneau, kota terbesar kedua di AS berdasarkan luas wilayah, bahkan lebih luas daripada negara bagian Rhode Island dan Delaware. Bekas ibu kota Alaska, Sitka, adalah kota terbesar di AS berdasarkan luas wilayah.
TUBS
Alaska telah menjadi rumah bagi berbagai masyarakat adat selama ribuan tahun; diyakini secara luas bahwa wilayah ini berfungsi sebagai titik masuk untuk pemukiman awal Amerika Utara melalui jembatan darat Bering. Kekaisaran Rusia adalah yang pertama secara aktif mengkolonisasi daerah ini sejak abad ke-18, yang akhirnya mendirikan Amerika Rusia, yang membentang di sebagian besar negara bagian saat ini. Biaya dan kesulitan untuk mempertahankan kepemilikan Alaska yang jauh ini mendorong Kekaisaran Russia untuk menjualnya ke AS pada tahun 1867 seharga US$7,2 juta (setara dengan $140 juta pada tahun 2021), atau sekitar Rp70.500/km². Alaska mengalami beberapa perubahan administratif sebelum diorganisasikan sebagai teritori pada 11 Mei 1912. Alaska diakui sebagai negara bagian ke-49 AS pada 3 Januari 1959.
Diego Delso