Stephen Dedalus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Stephen Dedalus merupakan nama tokoh utama yang muncul dalam dua novel awal karya sastrawan Irlandia James Joyce, Stephen Hero, dan A Portrait of the Artist as a Young Man. Tokoh ini juga memainkan peran penting dalam karya kolosalnya, Ulysses.

Dalam Stephen Hero nama tokoh ini dituliskan sebagai Stephen Daedalus, dan dengan demikian merujuk pada tokoh mitologi Yunani Daedalus. Novel A Portrait of the Artist as a Young Man mengisahkan tokoh Dedalus sejak masih kecil hingga dia berusia 20-an tahun. Stephen Dedalus inilah 'seniman' yang dimaksud pada judul buku.

Selanjutnya, Stephen Dedalus muncul sekali lagi dalam Ulysses, novel paling berpengaruh dalam abad ke-20 versi Majalah Time. Dalam novel ini, Stephen Dedalus sama dengan Stephen yang diceritakan dalam A Portrait of the Artist as a Young Man. Bedanya, dalam Ulysses Stephen Dedalus sudah kembali dari Perancis karena kematian ibunya. Di sini, Stephen Dedalus muncul secara bergantian dan bersamaan dengan tokoh lain, Leopold Bloom.

Stephen Dedalus memiliki ciri-ciri yang sangat menyerupai James Joyce, mulai dari penampilan fisik, sifat, maupun kegemaran. Bagaimanapun, tetap saja ada sejumlah perbedaan antara James Joyce dan Stephen Dedalus.

Pada tahun 2002, majalah Book Magazine menobatkan Stephen Dedalus ini sebagai karakter fiksi terbaik ke-9 dalam jajaran 100 Karakter Fiksi Terbaik Sejak 1900.