Ulysses (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul edisi pertama Ulysses

Ulysses merupakan novel karya pengarang Irlandia James Joyce. Novel ini pertama kali diterbitkan dalam bentuk cerita bersambung dalam jurnal sastra Amerika The Little Review dari tahun 1918 sampai 1920. Ulysses kemudian diterbitkan dalam bentuk buku di Paris pada 2 Februari 1922 oleh Shakespeare and Company.

Ulysses mengisahkan petualangan tokoh utamanya Leopold Bloom menyusuri kota Dublin pada tanggal 16 Juni 1904. Judul buku ini merupakan alusi pada epik Homerus yang terkenal, Odyssey.

Ulysses sangat tebal, terdiri atas 250.000 kata, dengan kosa kata sebanyak 30.000 buah. Jumlah halaman edisi-edisi yang beredar berkisar dari 644 sampai 1000 lembar. Novel ini dibagi menjadi 18 bab. Bab-bab ini lazim dirujuk sebagai episode oleh para kritikus.

Saat ini Ulysses dianggap sebagai adikarya aliran Modernis. Dalam novel ini terdapat berbagai eksperimen dalam prosa, antara lain parodi, permainan kata, alusi, teknik "aliran kesadaran" (stream-of-consciousness). Selain itu Ulysses juga dipuji karena humornya dan penokohannya yang kaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]