Stanley Baldwin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Right Honourable
The Earl Baldwin of Bewdley
KG PC
Baldwin pada tahun 1920-an.
Perdana Menteri Britania Raya
Masa jabatan
7 Juni 1935 – 28 Mei 1937
Penguasa monarki George V
Edward VIII
George VI
Didahului oleh Ramsay MacDonald
Digantikan oleh Neville Chamberlain
Masa jabatan
4 November 1924 – 5 Juni 1929
Penguasa monarki George V
Didahului oleh Ramsay MacDonald
Digantikan oleh Ramsay MacDonald
Masa jabatan
23 Mei 1923 – 16 Januari 1924
Penguasa monarki George V
Didahului oleh Andrew Bonar Law
Digantikan oleh Ramsay MacDonald
Pemimpin Oposisi Britania Raya
Masa jabatan
5 Juni 1929 – 24 Agustus 1931
Penguasa monarki George V
Didahului oleh Ramsay MacDonald
Digantikan oleh Arthur Henderson
Masa jabatan
22 Januari 1924 – 4 November 1924
Penguasa monarki George V
Didahului oleh Ramsay MacDonald
Digantikan oleh Ramsay MacDonald
Menteri Keuangan Britania Raya
Masa jabatan
27 Oktober 1922 – 27 Agustus 1923
Perdana Menteri Andrew Bonar Law
Didahului oleh Robert Horne, 1st Viscount Horne of Slamannan
Digantikan oleh Neville Chamberlain
Pemimpin Partai Konservatif
Masa jabatan
22 Mei 1923 – 28 Mei 1937
Penguasa monarki George V
Edward VIII
George VI
Didahului oleh Andrew Bonar Law
Digantikan oleh Neville Chamberlain
Informasi pribadi
Lahir 3 Agustus 1867
Bewdley, Worcestershire
Meninggal 14 Desember 1947 (umur 80)
Stourport-on-Severn, Worcestershire
Dimakamkan Katedral Worcester
Partai politik Partai Konservatif
Suami/istri Lucy Baldwin
Anak
  • Diana Lucy
  • Leonora Stanley
  • Pamela Margaret
  • Oliver Baldwin
  • Esther Louisa
  • Arthur
Alma mater Trinity College, Cambridge; Mason College (sekarang Universitas Birmingham)
Profesi Industrialis
Agama Anglikan
Tanda tangan

Stanley Baldwin, 1st Earl Baldwin of Bewdley, KG PC FRS[1] (lahir 3 Agustus 1867 – meninggal 14 Desember 1947 pada umur 80 tahun) adalah seorang politisi Britania Raya dari Partai Konservatif, yang mendominasi pemerintahan di negara tersebut di antara dua perang dunia. Tiga kali menjabat sebagai Perdana Menteri Britania Raya, Baldwin merupakan satu-satunya perdana menteri yang pernah menjabat di bawah tiga penguasa monarki, yakni George V, Edward VIII, dan George VI.

Baldwin pertama kali masuk Majelis Rendah melalui pemilihan umum sela 1908 sebagai anggota parlemen untuk Bewdley, dan memegang jabatan pemerintahan di kabinet koalisi David Lloyd George. Pada tahun 1922, ia menjadi salah satu penggerak utama penarikan dukungan Konservatif terhadap David Lloyd George dan menjadi Menteri Keuangan dalam pemerintahan Andrew Bonar Law. Menyusul pengunduran diri Law akibat alasan kesehatan di bulan Mei 1923, Stanley Baldwin menjadi perdana menteri dan Pemimpin Partai Konservatif. Ia menggelar pemilihan umum pada tahun 1923, tetapi partainya kehilangan mayoritas di parlemen. Perdana menteri baru, Ramsay MacDonald, kemudian membentuk pemerintahan Partai Buruh.

Setelah memenangi pemilihan umum 1924, Baldwin membentuk pemerintahan keduanya. Pada pemerintahan ini berbagai tokoh memegang jabatan penting pada karier mereka, seperti Sir Austen Chamberlain (Menteri Luar Negeri), Winston Churchill (Menteri Keuangan), dan Neville Chamberlain (Menteri Kesehatan). Pemerintahan ini juga menyaksikan aksi mogok pada tahun 1925, dan sebuah undang-undang pada tahun 1927 mengurangi kekuatan serikat-serikat buruh. Baldwin kalah dalam pemilihan umum 1929, dan kepemimpinannya yang terus berlanjut di Partai Konservatif menjadi bahan kritik tokoh media Rothermere dan Beaverbrook.

Pada tahun 1931, Perdana Menteri Ramsay McDonald dari Partai Buruh membentuk suatu pemerintahan nasional, yang kebanyakan menterinya berasal dari Partai Konservatif dan memenangkan mayoritas besar dalam pemilihan umum 1931. Sebagai Lord President of the Council, Baldwin memegang banyak tanggung jawab Perdana Menteri karena memburuknya kesehatan MacDonald. Dalam masa jabatan pemerintahan ini, undang-undang yang memberikan pemerintahan otonom bagu India disahkan; hal ini ditentang oleh Winston Churchill dan tokoh penting Konservatif lainnya. Sebagai pemimpin partai, ia membuat berbagai terobosan baru, seperti penggunaan radio dan film yang membuatnya sangat terlihat di publik dan memperkuat daya tarik Konservatif.

Pada tahun 1935, Baldwin menggantikan MacDonald sebagai perdana menteri dalam Pemerintahan Nasional dan memenangi pemilihan umum 1935 dengan mayoritas yang besar pula. Pada masa ini, ia menyaksikan persenjataan baru militer Britania dan krisis pengunduran diri Edward VIII. Pemerintahan ketiga Baldwin juga menyaksikan krisis-krisis luar negeri, seperti pendudukan kembali Rhineland oleh Hitler dan pecahnya Perang Saudara Spanyol.

Baldwin mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri pada tahun 1937 dan ia digantikan oleh Neville Chamberlain. Pada waktu itu, ia dianggap sebagai seorang perdana menteri yang sukses dan populer.[2] Tetapi pada dekade terakhir hidupnya, dan tahun-tahun setelahnya, ia disalahkan atas tingginya angka pengangguran pada tahun 1930-an. Ia juga dituduh pernah mencoba memenuhi tuntutan Hitler serta tidak mempersiapkan persenjataan Britania secara mencukupi untuk menghadapi Perang Dunia II. Ahli sejarah masa kini umumnya berpendapat positif terhadap pemerintahan Baldwin.

Stanley Baldwin meninggal dunia pada tahun 1947 dan dimakamkan di Katedral Worcester.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DOI:10.1098/rsbm.1948.0015
    Rujukan ini akan diselesaikan secara otomatis dalam beberapa menit. Anda dapat melewati antrian atau membuat secara manual
  2. ^ "Unthinkable? Historically accurate films". The Guardian (UK). 29 January 2011. 
Didahului oleh:
Andrew Bonar Law
Ramsay MacDonald
Ramsay MacDonald
Perdana Menteri Britania Raya
1923–1924
1924–1929
1935–1937
Diteruskan oleh:
Ramsay MacDonald
Ramsay MacDonald
Neville Chamberlain