Lompat ke isi

Stadion Leoforos Alexandras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 37°59′13.81″N 23°45′15.10″E / 37.9871694°N 23.7541944°E / 37.9871694; 23.7541944

Stadion Apostolos Nikolaidis
Leoforos Alexandras
Lokasi160 Alexandras Avenue, Ambelokipi, Athena, Yunani
Transportasi umumStasiun metro Ambelokipi
PemilikPanathinaikos AC
OperatorPanathinaikos AC/Panathinaikos FC
Kapasitas15,000[1]
PermukaanRumput
Papan skorYa
Konstruksi
Dibuka1922
Direnovasi2001, 2007, 2013
Biaya7,000,000 € (Renovasi 2001)
800,000 € (Renovasi 2007)
2,000,000 € (Renovasi 2013)
Pemakai
Panathinaikos F.C.
Departemen tinju
Departemen Gulat
Departemen Angkat Berat
Departemen Kickboxing
Departemen Menembak
Departemen Panahan
Akademi
departemen lain sesekali
Penyewa sebelumnya:
departemen pagar
Tim nasional sepak bola Yunani

Apostolos Nikolaidis Stadium (bahasa Yunani: Γήπεδο Απόστολος Νικολαΐδης), umumnya dikenal sebagai Stadion Leoforos Alexandras atau Stadion Leoforos, adalah sebuah stadion sepak bola dan pusat multi-olahraga di Athena, Yunani. Stadion ini diresmikan pada tahun 1922 dan merupakan stadion sepak bola tertua di Yunani yang saat ini aktif. Ini adalah pusat atletik tradisional Panathinaikos A.C. dan telah menjadi markas Panathinaikos FC untuk sebagian besar keberadaan klub. Stadion ini dinamai menurut presiden, ofisial, dan atlet klub bersejarah Apostolos Nikolaidis. Kota ini terletak di distrik Ambelokipi di Athena, di sebelah timur Bukit Lycabettus dan di Alexandras Avenue 160, dengan nama apa itu paling umumnya dikenal (Leoforos Alexandras atau hanya Leoforos, Leoforos berarti Jalan). Rekor kehadiran stadion ini tercatat pada tahun 1967, ketika 29.665 penonton menyaksikan pertandingan Piala Winners antara Panathinaikos dan FC Bayern Munich. Ini juga memiliki beberapa fasilitas lain di bawah tribunnya, termasuk aula dalam ruangan, kolam renang kecil, ring tinju, lapangan tembak dalam ruangan, kantor klub serta berbagai fasilitas lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lapangan Hoki di Leoforos pada tahun 1927

Stadion Apostolos Nikolaidis menjadi tempat yang sangat penting dalam sejarah sepak bola Yunani. Tribun stadion pertama dibangun pada tahun 1928, dan selama hampir 50 tahun menjadi tuan rumah sebagian besar pertandingan besar di kompetisi domestik dan internasional. Ini adalah yang pertama memasang lampu sorot (1938) dan yang pertama dengan lapangan rumput (1958). Stadion ini adalah rumah bagi Timnas Yunani selama bertahun-tahun. Panathinaikos FC meninggalkan Leoforos pada tahun 1984 dan pindah ke Stadion Olimpiade Athena. Klub kembali ke kandang mereka pada tahun 2001, setelah upgrade yang menelan biaya €7 juta. Pada tahun 2007, Panathinaikos FC memutuskan untuk menggunakan kembali Stadion Apostolos Nikolaidis untuk musim Liga Super Yunani 2007/2008.

Karena konstruksi lama stadion, kelangkaan ruang dan urbanisasi yang padat di daerah tersebut, klub telah berusaha untuk pindah. Negosiasi sedang berlangsung antara pemerintah Yunani, Kotamadya Athena, dan divisi sepak bola, bola basket, bola voli, dan klub amatir untuk memfasilitasi pembangunan kompleks olahraga baru yang komprehensif untuk menampung semua 21 departemen Panathinaikos di tempat lain.

Akhirnya, distrik industri Votanikos telah dipilih antara lain untuk menampung kompleks tersebut dan ada rencana pembangunan dimulai pada tahun 2008. Walikota Athena Dora Bakoyianni telah menyatakan bahwa proyek semacam itu akan merevitalisasi daerah tersebut sebagai serta menguntungkan klub. Pada 2012, masalah birokrasi, seperti Panathinaikos dan situasi keuangan negara yang buruk akibat krisis ekonomi, belum memungkinkan pembangunan stadion baru. Presiden Giannis Alafouzos memutuskan untuk memindahkan tim kembali dari Stadion Olimpiade Athena ke Leoforos Alexandras yang bersejarah untuk musim 2013-14. Pada Oktober 2013, rencana pembangunan kompleks Votanikos telah ditunda.

Presiden klub saat ini, Giannis Alafouzos, menyatakan niatnya untuk renovasi lagi stadion dan peningkatan kapasitas, sementara Gerakan Panathinaikos membuat proposisi untuk rekonstruksi total.

Pavlos dan Thanasis Giannakopoulos Indoor Hall[sunting | sunting sumber]

Pavlos and Thanasis Giannakopoulos Indoor Hall
The Indian's Tomb
Nama lengkapPavlos dan Thanasis Giannakopoulos Indoor Hall
LokasiAmbelokipi, Athena, Yunani
PemilikPanathinaikos A.O.
Kapasitas1,500
PermukaanLapangan Basket
Dibuka1960
Pemakai
Bola basket putri Panathinaikos
penyewa sebelumnya:
Panathinaikos BC
Panathinaikos V.C.
Bola basket putri Panathinaikos

Sebuah aula dalam ruangan terletak di bawah kurva timur stadion, di bawah Gerbang 6 dan 7. Ketika dibangun pada tahun 1959, itu adalah aula dalam ruangan pertama di Yunani. Ini memiliki kapasitas 1.500 dan terkenal dengan suasana panas yang diciptakan oleh penggemar Panathinaikos di dalamnya. Selama upacara peresmiannya, Tasos Stefanou[2] yang merupakan kurator departemen bola basket Panathinaikos pada saat itu, menyebutkan bahwa gym akan menciptakan perasaan sesak bagi lawan, sesuatu yang mengingatkannya pada "makam India" yang digambarkan di film The Indian Tomb oleh Fritz Lang, yang ditayangkan di bioskop pada waktu yang sama. Perbandingan tersebut begitu sukses sehingga julukan "Makam Orang India" (diucapkan "Tafos tou Indou" dalam bahasa Yunani) segera diadopsi dan digunakan hingga saat ini untuk membedakan aula dalam ruangan secara informal dari fasilitas lain di stadion.

Pada tahun 2015, nama resmi aula dalam ruangan menjadi "Pavlos Giannakopoulos", untuk menghormati mantan Presiden Panathinaikos B.C. Pada tahun 2017, nama aula diubah menjadi "Pavlos dan Thanasis Giannakopoulos", sebagai penghormatan kepada kedua mantan Presiden Panathinaikos B.C. dan Panathinaikos A.O..

Fasilitas lainnya[sunting | sunting sumber]

Selain lapangan sepak bola dan aula dalam ruangan, stadion ini juga merupakan markas dari sebagian besar departemen olahraga Panathinaikos, seperti rugby, tinju, anggar, panahan, tenis meja, departemen gulat, angkat besi, dan menembak. Ada ruang pelatihan, ring tinju, kolam renang, seperti toko resmi tim sepak bola, ruang pers dan berbagai kafe.

Gerbang 13[sunting | sunting sumber]

Grafiti Gerbang 13

Tempat duduk penggemar di Yunani dipisahkan oleh kesetiaan tim. Gerbang 13, subjek banyak grafiti di Athena, adalah tempat di mana para pendukung Panathinaikos FC yang paling antusias duduk di stadion. Gerbang 13 dikenal karena menciptakan salah satu atmosfer terbaik di seluruh Eropa karena stadion ini memiliki penggemar yang duduk tepat di sebelah lapangan dan nyanyian tanpa henti bahkan selama hasil negatif terus mendorong pemain untuk memberikan yang maksimal. Gerbang 13 juga merupakan tempat bagi para penggemar dan pendukung tim yang paling miskin, dengan kursi yang tidak diberi nomor, tidak seperti sisa stadion dan kursi VIP. Secara resmi didirikan pada 19 November 1966, meskipun kehadirannya sudah ada sebelumnya pada tanggal tersebut. Ini adalah organisasi pendukung tertua di Yunani.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""ΑΠΟΣΤΟΛΟΣ ΝΙΚΟΛΑΪΔΗΣ"". pao.gr (dalam bahasa Greek). 
  2. ^ "Βραδιά αναμνήσεων στον "Τάφο του Ινδού"". sport24.gr.