St Aidan's College, Durham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
St Aidan's College
Universitas Durham
Gedung utama, St. Aidan's College
Lambang kebesaran St Aidan's College
Senjata: Tanda perang perak dan hitam, yang utama adalah dua salib merah Northumbria kuno, di dasar dua kunci di saltir, mengarah ke atas, yang pertama.
                             
LokasiWindmill Hill, Durham DH1 3LJ
Motobahasa Latin: Super fundamentis certis[1]
Moto dalam bahasa Inggris
Upon sure foundations (Diatas dasar yang kuat)
Didirikan1947; 77 tahun lalu (1947)
Dinamakan atasAidan dari Lindisfarne
Nama sebelumnyaSt Aidan's Society
GenderKo-edukasi
Perempuan (sebelumnya)
Prasyarat keanggotaanTidak ada.
Sebelumnya diharuskan berjenis kelamin perempuan.
Kepala koleseSusan Frenk
Sarjana806
Pascasarjana200
Situs webSt Aidan's College
Klub dayungSt Aidan's Boat Club

St Aidan's College adalah sebuah kolese konstituen dari Universitas Durham di Inggris. Pendirian kolese bermula pada tahun 1895 sebagai asosiasi pelajar rumahan perempuan, yang diresmikan pada tahun 1947 sebagai St Aidan's Society (Perkumpulan Santo Aidan). Pada tahun 1961, St Aidan's menjadi kolese secara penuh, dan pada tahun 1964 dipindahkan ke gedung modernis baru di Elvet Hill yang dirancang oleh Sir Basil Spence.

Mahasiswa St Aidan sering dianggap misterius, dan tidak banyak orang mengetahui keberadaan mereka, mungkin dikarenakan kolese tersebut terletak di atas bukit yang jauh dari kampus.[2]

Kegiatan mahasiswa

Pada saat setelah Perang Dunia II, mahasiswi dianggap tidak cocok untuk tinggal di penginapan. Pada tahun 1963, Ethleen Scott digantikan sebagai kepala kolese oleh Dame Enid Russell-Smith, yang kemudian digantikan oleh Irene Hindmarsh pada tahun 1970.[3][4] Selama masa jabatannya sebagai kepala kolese, disepakati bahwa St Aidan's harus menjadi kolese campuran. Mahasiswa laki-laki pertama diterima pada tahun 1981.[5]

St Aidan tidak mewajibkan anggotanya untuk memakai jubah akademik untuk kegiatan sehari-hari, dan perjamuan formal hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semester.

Keanggotaan kolese dibagi antara Senior Common Room (SCR) dan Junior Common Room (JCR). SCR adalah badan pengaturan mandiri yang terdiri dari anggota senior universitas, pejabat kolese, pengajar, dan mahasiswa pascasarjana. JCR terdiri dari anggota sarjana kolese dan memilih pengurusnya sendiri, termasuk presiden dan pengurus bar, yang bertindak atas namanya dengan kolese dan universitas.

St Aidan's College berpartisipasi dalam liga sepak bola antar kolese. Ada enam tim putra dan satu tim putri. Tim A Wanita bekerja sama dengan Hatfield College dan berada di divisi utama wanita. Tim A dan B putra sama-sama berada di Divisi 1 Putra, tim C putra di Divisi 3, tim D&F putra di divisi 6A, dan tim E putra di divisi 6B.[6] Pada tahun 1954 Klub Perahu St Aidan's College (SACBC) didirikan. Saat ini klub berbagi gudang perahu dengan University College Boat Club. Klub ini bersaing dengan kolese lain, serta bersaing di Durham Regatta.[7] St Aidan juga memiliki perkumpulan catur, yang didirikan pada tahun 2022 dimana para anggotanya bertemu untuk bermain satu sama lain setiap hari Kamis di Ruang Bersama Junior.[8] JCR menyelenggarakan peragaan busana amal tahunan yang sepenuhnya dijalankan oleh mahasiswa. Pada tahun 2022, hal ini menjadi subyek kontroversi yang diberitakan di pers mahasiswa dan nasional.[9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "St Aidan's College". Durham University. Durham University. Diakses tanggal 27 February 2023. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :stereotypes
  3. ^ 'RUSSELL-SMITH, Dame Enid (Mary Russell)', Who Was Who, A & C Black, an imprint of Bloomsbury Publishing plc, 1920–2008; online edn, Oxford University Press, Dec 2012 ; online edn, Nov 2012 accessed 7 April 2013
  4. ^ 'HINDMARSH, Irene', Who's Who 2013, A & C Black, an imprint of Bloomsbury Publishing plc, 2013; online edn, Oxford University Press, Dec 2012 ; online edn, Nov 2012 accessed 7 April 2013
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  6. ^ "Team Durham : Sport - Durham University". www.dur.ac.uk. Diakses tanggal 31 October 2022. 
  7. ^ "Regatta results - St Aidan's College Boat Club". Durham Regatta (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-19. 
  8. ^ "St Aidan's College – Chess Club". chess.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2023. Diakses tanggal 9 July 2023. 
  9. ^ Turner, Camilla; Kendix, Max (17 January 2022). "Durham students' 'white saviour' whine nearly sabotaged funding for African literacy". The Telegraph (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2023. Diakses tanggal 12 July 2023. 
  10. ^ "Aidan's Fashion Show U-turn on charity after "white saviour" complaints". Palatinate (dalam bahasa Inggris). 15 January 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2023. Diakses tanggal 12 July 2023.