St. John's, Antigua dan Barbuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
St. John's

St. John's adalah ibu kota negara Antigua dan Barbuda. Penduduknya berjumlah 31.000 jiwa (2005). Kota ini merupakan kota terbesar utama di negara itu. Kota ini memiliki luas wilayah 10 km². Dengan memiliki kepadatan penduduk sebanyak 3.100 jiwa/km².

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemukiman St. John's telah menjadi pusat administrasi bagi negara Antigua dan Barbuda sejak pulau-pulau tersebut pertama kali dijajah pada tahun 1632. Kemudian menjadi pusat pemerintahan ketika negara Antigua dan Barbuda mencapai kemerdekaan pada tahun 1981.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

St. John's adalah salah satu kota paling maju dan kosmopolitan di wilayah Lesser Antilles. Kota ini terkenal dengan pusat perbelanjaan serta butik di seluruh kota yang pada umumnya menjual perhiasan berukir dan pakaian haute-couture.

St. John's menarik wisatawan untuk mengunjungi resor dari beberapa pulau kecil yang berada di sana dan juga dari kapal pesiar yang berlabuh, seperti di pelabuhan Heritage Quay dan Redcliffe Quay.

Salah satu ciri khas dari kota ini adalah Rum Antigua. Penyulingan Rum Antigua terletak di Citadel dan merupakan satu-satunya penyulingan rum di pulau tersebut.

Demografi[sunting | sunting sumber]

St. John's, Antigua dan Barbuda
Kota
St. John's pada tahun 2015
St. John's pada tahun 2015
Lokasi St. John's di Antigua dan Barbuda
Lokasi St. John's di Antigua dan Barbuda
Koordinat: 17°07′N 61°51′W / 17.117°N 61.850°W / 17.117; -61.850
Negara Antigua dan Barbuda
PulauAntigua
ParokiSaint John
Koloni1632
Luas
 • Total10 km2 (4 sq mi)
Ketinggian
0–59 m (0–194 ft)
Populasi
 (2011)
 • Total22.219
 • Kepadatan3.100/km2 (8,000/sq mi)
Zona waktuUTC-4 (AST)
BandaraBandara Internasional V.C. Bird

Mayoritas penduduk St. John's mencerminkan penduduk Antigua lainnya: orang-orang Afrika dan keturunan campuran Eropa-Afrika, dengan minoritas Eropa, termasuk Inggris dan Portugis. Ada populasi juga orang Arab Kristen dan Levantine.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa museum yang berada di St. John's, seperti Museum Antigua dan Barbuda dan Museum Seni Kelautan. Museum tersebut berisi fosil batuan dasar, batu vulkanik, kayu yang membatu, koleksi lebih dari 10.000 kerang, dan artefak dari bangkai kapal Inggris.

Selain itu juga terdapat Stadion Sir Vivian Richards yang terletak di sebelah timur St. John's. Stadion Sir Vivian Richards adalah sebuah stadion serbaguna di North Sound yang sebagian besar dibuat untuk pertandingan kriket dan telah menjadi tuan rumah pertandingan selama gelaran Piala Dunia Kriket 2007. Terdapat juga Antigua Recreation Ground yang merupakan stadion nasional Antigua dan Barbuda di kota St. John's.

Tempat Wisata Unggulan[sunting | sunting sumber]