Sri Owen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sri Owen
Lahir1935 (umur 88–89)
Padang Panjang, Sumatera Barat
AlmamaterUniversitas Gajah Mada
PekerjaanPenulis buku masak dan guru kuliner
Suami/istriRoger Owen (wafat 2021)
Situs webhttp://www.sriowen.com/

Sri Owen (lahir di Padang Panjang pada Maret 1935) adalah penulis buku resep masakan Indonesia berbahasa Inggris yang pertama dan seorang guru masak. Saat ini dia sudah menulis 15 buku dan meraih sejumlah penghargaan.[1]

Buku pertamanya The Home Book Of Indonesia Cookery diterbitkan Faber pada 1976, yang berisi resep-resep keluarga yang diturunkan dari neneknya dan dicatat dengan rapi oleh ibunya.[2] Kini Sri Owen tinggal di kawasan Wimbledon, London, Inggris.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Sri lahir di Padang Panjang pada Maret 1935 sebagai anak tertua dari enam bersaudara yang semuanya perempuan dari orang tua yang berprofesi sebagai guru. Masa kecilnya dihabiskan di tempat kelahirannya. Sekitar dua tahun tinggal di rumah nenek dari pihak ibu, Sri dan keluarganya pindah ke Jakarta, sebelum menetap di Magelang Jawa Tengah sejak 1949.

Sri meneruskan sekolahnya di Yogyakarta dan melanjutkan kuliah di Sastra Inggris Universitas Gajah Mada UGM. Lulus kuliah dia mengajar dan menjadi kepala perpustakaan di almamaternya. Di Yogyakarta dia bertemu dengan Roger Owen, warga Inggris lulusan Universitas Oxford yang mengajar di jurusan sejarah selama tiga tahun.

Setelah masa mengajar Roger berakhir, pasangan ini memutuskan pindah ke Inggris, sampai saat ini. Di masa-masa awal tinggal di Inggris ini, Sri menemukan kembali kesenangannya memasak.[2]

Karya[sunting | sunting sumber]

Beberapa karya buku resep Sri Owen:[3]

  • The Home Book Of Indonesia Cookery (1976)
  • Indonesian Food and Cookery (1980)
  • Indonesian and Thai Cookery (1988)
  • Excotic Feast (1991)
  • Indonesian regional Food and Cookery
  • The Rice Book
  • New Wave Asian

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Bukunya yang berjudul The Rice Book mendapatkan penghargaan paling prestisius Andre Simon Memorial Award pada 1993.

Bukunya New Wave Asian meraih Gourmand World Cookbook Awards pada 2002.

Juni 2017 lalu, Sri Owen mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award pada Guild of Food Writers Awards di London atas dedikasinya terhadap penulisan resep masakan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lestari, Sri (2018-07-07). "Sri Owen mengenalkan masakan Indonesia lewat buku". BBC News Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-06. 
  2. ^ a b Magazine, B. B. C. "Sri Owen, Perkenalkan Masakan Indonesia ke Dunia Lewat Buku". detiknews. Diakses tanggal 2018-12-06. 
  3. ^ "SRI OWEN - MY BOOKS". sriowen.squarespace.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-06.