SpotPass dan StreetPass

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SpotPass[a] dan StreetPass[b] adalah sistem komunikasi yang pertama kali diperkenalkan di Nintendo 3DS. SpotPass kemudian dimasukkan ke dalam Nintendo 2DS, model 3DS Baru dan 2DS Baru, dan konsol game Wii U. SpotPass mengirimkan konten dari internet ke konsol, dan StreetPass menggunakan fungsionalitas wi-fi lokal untuk bertukar data antara sistem 3DS, 2DS, dan Wii U.

SpotPass[sunting | sunting sumber]

SpotPass adalah sistem konektivitas latar belakang daring yang "selalu aktif" untuk Nintendo 3DS dan Wii U, mirip dengan bagaimana pendahulunya WiiConnect24 awalnya berfungsi dengan Wii, yang dapat secara otomatis mencari dan terhubung ke node jaringan nirkabel seperti hotspot Wi-Fi, mengirim dan mengunduh informasi di latar belakang saat dalam mode tidur atau saat bermain game atau menjalankan aplikasi. Ini dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi pengguna, termasuk menyisih sama sekali untuk perangkat lunak yang dipilih.[1] Satu aplikasi sedang dipertimbangkan untuk menggunakan fungsi ini untuk "secara otomatis memperoleh artikel majalah dan surat kabar", mirip dengan aplikasi pembaca e-book berjaringan.[2]

StreetPass[sunting | sunting sumber]

StreetPass adalah fungsionalitas Nintendo 3DS yang memungkinkan komunikasi pasif antara sistem Nintendo 3DS yang dipegang oleh pengguna dalam jarak dekat, contohnya adalah berbagi avatar Mii di aplikasi StreetPass Mii Plaza, dan data game lainnya. Mirip dengan SpotPass di Nintendo 3DS, saat data baru diterima dari StreetPass dan sistem dalam mode tidur, LED notifikasi sistem akan menyala hijau dan akan tetap hijau hingga sistem dikeluarkan dari mode tidur; ketika data StreetPass diterima saat sistem tidak dalam mode tidur, LED notifikasi akan berkedip hijau beberapa kali sebelum kembali mati.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ SpotPass (Jepang: いつの間に通信, Hepburn: Itsunomani Tsūshin, lit. Unnoticed Communication)
  2. ^ StreetPass (Jepang: すれちがい通信, Hepburn: Surechigai Tsūshin, lit. Passing By Communication)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harris, Craig (July 8, 2010). "3DS: Tag Mode's Second Coming". IGN. Diakses tanggal 2010-07-16. 
  2. ^ Gantayat, Anoop (June 18, 2010). "Nintendo Planning Newspaper and Magazine Viewer for 3DS". andriasang.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 1, 2010. Diakses tanggal 2010-07-16. In a Nikkei interview Thursday morning, Nintendo CEO Satoru Iwata [...] mentioned one possible application for this feature. "We're thinking about functionality where it will automatically acquire newspaper and magazine articles," said Iwata.