Spirobranchus giganteus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Spirobranchus giganteus umumnya dikenal sebagai cacing pohon natal. S.giganteus adalah cacing polychaete pembentuk tabung milik keluarga Serpulidae.

Anatomi dan Morfologi[sunting | sunting sumber]

Assortment of worms
Cacing Pohon Natal
Spirobranchus giganteus

S. giganteus on Porites
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumAnnelida
KelasPolychaeta
OrdoSabellida
FamiliSerpulidae
GenusSpirobranchus
SpesiesSpirobranchus giganteus
Pallas, 1766

Baik nama umum dan nama Latinnya mengacu pada dua struktur spiral berwarna yaitu fitur paling umum yang terlihat oleh penyelam. Spiral warna-warni adalah struktur turunan yang digunakan untuk makan dan respirasi.

Spirobranchus giganteus mirip dengan kebanyakan polychaetes. Cacing ini memiliki tubuh berbentuk tabung dan tersegmentasi dengan panjang kira-kira 3,8 cm (1,5 inci) yang ditutupi dengan chaetae, pelengkap kecil yang membantu mobilitas cacing. Karena tidak bergerak di luar tabungnya, cacing ini tidak memiliki pelengkap khusus untuk bergerak atau berenang.

Ciri-ciri cacing yang paling berbeda adalah memiliki dua "mahkota" yang berbentuk seperti pohon natal. Bagian ini adalah palp prostomial yang dimodifikasi yang merupakan pelengkap mulut khusus. Setiap spiral terdiri dari tentakel seperti bulu yang disebut radioles, yang sangat bersilia dan menyebabkan mangsa yang terperangkap di dalamnya diangkut ke mulut cacing. Ketika mereka memiliki sruktur makan secara primer, S. giganteus juga menggunakan radioles untuk respirasi; karenanya, strukturnya biasa disebut "insang".

Salah satu perbedaan utama antara cacing pohon natal dan cacing jenis Sabellida lainnya adalah pada bagian bawah tubuh, tidak memiliki struktur tubuh khusus untuk menyumbat lubang tabung mereka ketika mereka menarik diri ke dalamnya. S. giganteus memiliki radiole yang dimodifikasi, biasanya disebut operculum, yang digunakan untuk mengamankan lubangnya ketika ditarik ke dalam tabungnya.

Sebagai jenis cacing annelida, S. giganteus memiliki sistem pencernaan yang lengkap dan memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berkembang dengan baik. Seperti jenis annelida lainnya, cacing ini memiliki sistem saraf yang berkembang dengan baik dengan otak pusat dan banyak ganglia pendukung, termasuk ganglia pedal yang berbeda dari Polychaeta. Meskipun termasuk annelida, S. Giganteus memiliki evolusi urutan mitokondria lebih cepat daripada annelida lain karena komposisi nukleotida dan divergensi urutan protein.[2] Seperti polychaetes lainnya, S. giganteus mengekskresikan dengan nephridia. Ketika mereka bereproduksi, mereka hanya menumpahkan gamet mereka langsung ke dalam air di mana telur dan spermatozoa menjadi bagian dari zooplankton untuk dibawa oleh arus.

Sebaran dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Cacing pohon Natal tersebar luas di seluruh lautan tropis dunia. Cacing ini terkenal dari Karibia ke Indo-Pasifik.[1]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

S. giganteus umumnya ditemukan di kepala karang masif, seperti karang batu Porites dan karang otak. Seperti anggota keluarganya, ia dapat mengeluarkan tabung berkapur di sekitar tubuhnya. Tabung ini berfungsi sebagai rumah dan perlindungan cacing. S. giganteus biasanya menempel pada kepala karang hidup yang ada sebelum mengeluarkan tabungnya, sehingga meningkatkan tingkat perlindungannya saat jaringan karang tumbuh melebihi tabung berkapur. Ketika cacing mundur ke dalam tabungnya, lubangnya ditutup menggunakan operkulum, yang selanjutnya dilindungi oleh duri tajam berbentuk tanduk.[3]

Habitat Spirobranchus giganteus yaitu berada di terumbu karang dan tidak banyak bergerak, Kebiasaan makan cacing pohon natal secara primer juga didapatkan dengan menyaring makanan dan bertindak sebagai filter feeder. Mereka menggunakan radiol berwarna cerah untuk menyaring mikroorganisme dari air, yang kemudian disimpan langsung ke saluran pencernaan cacing.

Beberapa organisme dikenal sebagai pemberi pakan bagi polychaetes dan S. giganteus tidak terkecuali. Hubungan simbiosis antara S. giganteus dan karang masih kurang diketahui, tetapi terkadang pergerakan operculum dapat mengikis jaringan karang, dan kematian jaringan karang meningkat ketika operculum cacing menampung alga berfilamen.[4]

Pentingnya bagi Manusia[sunting | sunting sumber]

Meskipun cacing itu sendiri tidak memberikan manfaat perikanan secara komersial, cacing ini menarik bagi penyuka hewan-hewan laut atau marine aquarists dan penyelam. Mahkota cacing yang beraneka warna membuat subjek fotografi bawah air sangat populer bagi para penyelam. Banyak aquarists yang memiliki miniatur reef aquarium dengan sengaja memasukkan kepala karang yang didiami oleh spesimen S. giganteus.[5]

Status Konservasi[sunting | sunting sumber]

Karena spesies ini tersebar luas dan relatif umum, tidak ada upaya konservasi yang berfokus pada spesies ini (atau polychaetes pada umumnya). Spesies ini dianggap secara eksklusif ditemukan di kepala karang, namun mereka juga baru-baru ini digambarkan sebagai epibion ​​pada spesies kerang raksasa Tridacna squamosa di Teluk Thailand.[6] Status konservasi spesies inang yang didiaminya bervariasi

Etimologi dan Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Spirobranchus pada dasarnya diterjemahkan menjadi “spiral gills” atau "insang spiral", mengacu pada mahkota unik yang dimiliki cacing ini. Dua subspesies diakui oleh ITIS: S. giganteus corniculatus[7] dan S. giganteusa giganteus.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b ten Hove, H. (2010). G. Read & K. Fauchald, ed. "Spirobranchus giganteus (Pallas, 1766)". World Polychaeta database. World Register of Marine Species. Diakses tanggal 2011-12-26. 
  2. ^ Sexias, V.; Russo C.; Paiva P. (2017). Mitochondrial genome of the Christmas tree worm Spirobranchus giganteus (Annelida: Serpulidae) reveals a high substitution rate among annelids. Gene 605 (1): 43-53.https://doi.org/10.1016/j.gene.2016.12.024.
  3. ^ Hoeksems, B.W.; ten Hove, H.A.; Berumen, M.L. (2018). "A three-way association causing coral injuries in the Red Sea" (PDF). Bulletin of Marine Science. 94 (4): 525–1526. doi:10.5343/bms.2018.0006alt=Dapat diakses gratis. Diakses tanggal 6 March 2019. 
  4. ^ Hoeksema, B.W.; van der Shoot, R.J.; Wels, D.; Scott, C.M.; ten Hove, H.A. (25 Feb 2019). "Filamentous turf algae on tube worms intensify damage in massive Porites corals". Ecology. 100 (6): e02668. doi:10.1002/ecy.2668. PMC 6850283alt=Dapat diakses gratis. PMID 30801685. 
  5. ^ Gripp, Ryan (July 13, 2008). "Christmas Tree Worms (Spirobranchus giganteus) guide". Reef Builders. Diakses tanggal October 15, 2019. 
  6. ^ van der Shoot, Roel; Scott, Chad; ten Hove, Harry A.; Hoeksema, Bert W. (21 January 2016). "Christmas tree worms as epibionts of giant clams at Koh Tao, Gulf of Thailand". Marine Biodiversity. 46 (4): 751–752. doi:10.1007/s12526-015-0439-0. 
  7. ^ "Spirobranchus gigantea corniculatus". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal 24 January 2007. 
  8. ^ "Spirobranchus gigantea gigantea". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal 24 January 2007. 

Bacaan Lebih Lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Vinn, Olev (Sep 2011). "Microstructure and formation of the calcareous operculum in Pyrgopolon ctenactis and Spirobranchus giganteus (Annelida, Serpulidae)". Zoomorphology. 130 (3): 181–188. doi:10.1007/s00435-011-0133-0. 
  • Marsden, J. R.; Conlin, B. E.; Hunte, W. (February 1990). "Habitat selection in the tropical polychaeteSpirobranchus giganteus". Marine Biology. 104 (1): 93–100. doi:10.1007/BF01313162. 
  • Dai, Chang-Feng; Yang, Hsaio-Pei (February 1995). "Distribution of Spirobranchus giganteus cornicuiatus (Hove)". Zoological Studies. 34 (2): 117–125. 
  • Strathman, Richard; Cameron, R. Andrew; Strathman, Megumi (August 1984). "Spirobranchus giganteus (Pallas) breaks a rule for suspension-feeders". Journal of Experimental Marine Biology and Ecology. 79 (3): 245–249. doi:10.1016/0022-0981(84)90198-9. 
  • Nishi, Eijiroh; Nishihira, Moritaka (1996). "Age-estimation of the Christmas Tree Worm Spirobranchus giganteus (Polychaeta, Serpulidae) Living Buried in the Coral Skeleton from the Coral-growth Band of the Host Coral". Fisheries Science. 62 (3): 400–403. doi:10.2331/fishsci.62.400alt=Dapat diakses gratis. 

Galeri[sunting | sunting sumber]

Links Eksternal[sunting | sunting sumber]