Southern All Stars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Southern All Stars
サザンオールスターズ
Asal Kanagawa, Jepang
Genre Pop, Rock
Tahun aktif 1978–sekarang
Label Victor Entertainment
(Victor TAISHITA)
Anggota Keisuke Kuwata
Kazuyuki Sekiguchi
Yuko Hara
Hiroshi Matsuda
Hideyuki "Kegani" Nozawa
Mantan anggota Takashi Omori

Southern All Stars (サザンオールスターズ?) adalah band pop rock asal Jepang yang dibentuk di Kanagawa. Band dipimpin Keisuke Kuwata yang berperan sebagai vokalis utama sekaligus penulis lagu. Nama band ini sering disingkat sebagai Sazan atau SAS.

Sejak penampilan perdana pada tahun 1978, mereka telah menghasilkan lagu-lagu yang menduduki puncak tangga lagu Oricon dan berbagai single yang terjual jutaan keping, seperti "Itoshi no Ellie"(1979), "Chako no Kaigan Monogatari"(1982), "Namida no Kiss"(1992), "Erotica Seven"(1993), "Summer Heartbreak"(1995), "Spiritual Message"(1996) dan masih banyak lagi.[1][2] Single mereka berjudul "Tsunami" (2000) menempati urutan ke-3 single paling banyak terjual sepanjang sejarah musik di Jepang.

Musisi dan penyanyi lain banyak yang membawakan lagu-lagu mereka dan sukses. Pada tahun 1989, Ray Charles menyanyikan "Itoshi no Ellie" dalam bahasa Inggris sebagai musik latar iklan wiski di televisi Jepang. Lagu ini berhasil menjadi single terlaris di Jepang tahun 1989 untuk kategori artis luar negeri.[3] Di awal tahun 1990-an, Jacky Cheung menyanyikan "Loving You More Each Day" ("Manatsu no Kajitsu") dan berhasil sukses di beberapa negara Asia.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Southern All Stars bermula dari klub ekstrakurikuler Universitas Aoyama Gakuin yang bernama "Better Days". Salah seorang anggota klub bernama Keisuke Kuwata membentuk band yang diberi nama-nama nyentrik, seperti "Onsen Anma Momohiki Band, Piston Kuwata to Shirindāzu, Piston Kuwata to Nōsotchū, Kuwata Keisuke to Hitchcock Gekijō. Setiap kali mengikuti kontes, setiap kali juga nama band diganti-ganti, Kuwata Keisuke bertahan sedangkan anggota lain bergantian keluar masuk. Ketika Yuko Hara bergabung, teman Kuwata mendapat ide nama baru untuk band pengiring Kuwata sewaktu sedang mandi. Nama aliran musik "Southern rock" ditambah nama kelompok musik salsa "Fania All-Stars" menjadi "Southern All Stars". Nama "all stars" dianggap fleksibel walaupun ada anggota yang keluar masuk, lagipula mereka sudah capek berganti-ganti nama.

Setelah band berganti anggota beberapa kali, Keisuke Kuwata berhasil mendapat penghargaan vokal terbaik sewaktu ikut kontes band amatir Yamaha East West tahun 1977. Setelah itu, Hiroshi Matsuda dan Hideyuki Nozawa yang bukan mahasiswa Universitas Aoyama Gakuin bergabung dengan band dan anggota tetap Southern All Stars menjadi 6 orang.

Southern All Stars mengeluarkan single perdana berjudul "Katte ni Sinbad" pada 25 Juni 1978. Lagu ini langsung menjadi hit dan melambungkan nama Southern All Stars ke puncak kepopuleran. Single ke-3 mereka yang berjudul "Itoshi no Ellie" dirilis tanggal 25 Maret 1979 dan sukses luar biasa. Band ini menjadi sibuk luar biasa hingga Kuwata Keisuke sempat mengalami neurosis yang berakhir pada penolakan mereka tampil di televisi.

Masa surut hingga album Kamakura[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980, Southern All Stars memulai proyek rekaman bernama Five Rock Show. Sementara terus berkonsentrasi dengan rekaman tanpa diekspos media massa, band mengumumkan, "Dalam jangka waktu 5 bulan, setiap bulan band ini akan mengeluarkan 1 single." Hasilnya, di antara kelima single tersebut tidak ada satu pun yang berhasil jadi hit. Single "Big Star Blues" yang dikeluarkan pada tahun 1981 bahkan tercatat sebagai single dengan angka penjualan terburuk dari semua single mereka.

Album yang dikeluarkan Southern All Stars selalu berhasil menempati puncak tangga album, tapi penjualan single mereka terus mengalami kelesuan hingga dirilisnya single "Chako no Kaigan Monogatari" tanggal 21 Januari 1982. Lagu ini bergaya pop dan Keisuke Kuwata menyanyikan lagu ini dengan meniru suara penyanyi aidoru paling top saat itu, Tahara Toshihiko. Lagu ini dipertaruhkan untuk mengangkat lagi nama Southern All Stars, dan ternyata sukses besar. Di tengah kesuksesan mereka, Keisuke Kuwata dan Yuko Hara menikah.

Angka penjualan album berikutnya, Kirei sedikit menurun, tapi lagu andalan "Miss Brand New Day" dari album berikutnya Ninki mono de ikou berhasil mencatat angka penjualan luar biasa setelah diterbitkan sebagai single. Setelah itu, pada tahun 1985, Southern All Stars mengeluarkan album studio Kamakura yang terdiri dari 2 keping CD. Pengerjaan album memakan waktu lama dan sering dinilai penggemar sebagai album paling bagus dalam sejarah Southern All Stars. Sewaktu rekaman album ini, Yuko Hara mengambil cuti untuk melahirkan dan band beristirahat untuk sementara. Keisuke Kuwata bersolo karier dengan band yang diberi nama Kuwata Band, dan begitu pula anggota band yang lain.

Kembali sukses[sunting | sunting sumber]

Southern All Stars merayakan peringatan hari jadi mereka yang ke-10 dengan mengeluarkan single "Minna no uta" pada 25 Juni 1988. Takeshi Kobayashi yang pernah membantu pengerjaan album solo milik Kuwata Keisuke diajak bergabung sebagai penata musik sekaligus produser.

Pada tahun 1989, single "Sayonara Baby" merupakan single pertama dalam 11 tahun karier mereka yang berhasil menempati puncak tangga lagu mingguan Oricon. Film Inamura Jane merupakan karya perdana Kuwata Keisuke sebagai sutradara, sedangkan lagu mereka, "Manatsu no Kajitsu" dipakai sebagai lagu tema. Setelah diedarkan, angka penjualan lagu ini biasa-biasa saja, tapi nantinya berhasil menjadi klasik sebagai lagu yang banyak diputar di Jepang pada musim panas.

Pada tahun 1991, Kazuyuki Sekiguchi jatuh sakit dan harus beristirahat, tapi 2 keping single mereka, "Shuraba-Ra-Banba / Kimi Dake ni Yume wo Mō Ichi-do" dan "Namida no Kissu" berhasil sekaligus diedarkan tanggal 21 Juli 1992. Kedua single ini bahkan memasuki tangga lagu Oricon secara bersama-sama, dan sekaligus menduduki puncak anak tangga nomor 1 dan 2. Peristiwa ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah tangga lagu Oricon dan Southern All Stars. Lagu "Namida no Kissu" berhasil menjadi hit setelah digunakan sebagai lagu tema drama televisi "Zutto anata ga suki datta", dan terus duduk di puncak tangga lagu Oricon selama hampir satu bulan. Lagu ini sekaligus single pertama Southern All Stars yang laku di atas 1 juta keping.

Pada tahun 1993, lagu "Erotika Sebun" dijadikan lagu tema untuk drama televisi Akuma no KISS, dan lagi-lagi berhasil menjadi hit sekaligus mencatat angka penjualan di atas 1 juta keping. Pada tahun 1994, Kuwata Keisuke kembali bersolo karier, sedangkan Southern All Stars beristirahat selama setahun.

Era hard rock[sunting | sunting sumber]

Album Yo ni Man’yō no Hana ga Saku Nari dan single "Kurisumasu Rabu (Namida no Ato ni wa Shiroi Yuki ga Furu)" merupakan karya terakhir Southern All Stars dengan Takeshi Kobayashi sebelum mengundurkan diri. Takeshi Kobayashi kecewa dengan fan Southern All Stars yang senang lagu-lagu yang mudah dicerna, sehingga memutuskan untuk bergabung dengan Mr.Children sebagai produser. Sementara itu, hubungan baik dengan Takeshi Kobayashi tetap terpelihara dan berkat bantuannya, Keisuke Kuwata berhasil mengadakan konser amal dengan Mr.Children. Sementara itu, Southern All Stars mulai memproduksi sendiri lagu-lagu tanpa bantuan Takeshi Kobayashi.

Pada tahun 1995, Kazuyuki Sekiguchi kembali aktif setelah lama cuti karena sakit, dan single "Manpī no Jī-Supotto" dirilis tanggal 22 Mei 1995. Selanjutnya, mereka mengeluarkan single "Anata Dake wo — Summer Heartbreak —" yang langsung menjadi populer dan laku lebih dari 1 juta keping setelah dijadikan lagu tema untuk drama televisi Itsuka mata aeru. Single berikutnya yang dirilis tahun 1996, "Ai no Kotodama — Spiritual Message" juga berhasil laku lebih dari 1 juta keping. Lagu yang sama dimasukkan ke dalam album Young Love yang merupakan album mereka yang paling laku saat itu.

Sekitar tahun 1997, band ini mulai meninggalkan lagu-lagu berirama hot untuk musim panas yang menjadi ciri khas mereka, dan lebih banyak melahirkan lagu berwarna hard rock. Pada tahun 1998, Southern All Stars mengeluarkan album Umi no Yeah!! berupa kompilasi lagu-lagu terbaik dalam karier musik mereka. Album ini laku keras, tapi album studio berikutnya, Sakura yang berwarna hard rock kurang disambut penggemar. Pada tahun 1999, single berjudul "Ierō Man — Hoshi no Ōji-sama —" dirilis bersamaan dengan tur konser Southern All Stars, tapi hanya berhasil laku di bawah 100 ribu keping.

Sukses single Tsunami[sunting | sunting sumber]

Southern All Stars mengadakan pertunjukan live terbatas khusus penggemar "'99 SAS Jikenbo in Kabukichō" pada 26-27 September 1999. Setelah pertunjukan berlangsung, lagu-lagu yang sedang direkam Kuwata Keisuke saat itu (seperti versi asli karyanya yang berjudul "Kawaii Mīna") berubah warna menjadi lagu-lagu bernada optimis. Perubahan ini menurut Kuwata disebabkan "dirinya terinspirasi reaksi penonton" ketika pertunjukan '99 SAS Jikenbo in Kabukichō berlangsung.

Pada tahun berikutnya, 26 Januari 2000, Southern All Stars merilis single berjudul Tsunami. Lagu ini dipakai acara variety berjudul Un-nan no Hontoko! pada segmen Mirai Nikki III, dan berhasil menjadi hit luar biasa di Jepang. Single ini terjual sebanyak 3 juta keping, dan menduduki urutan ke-3 dalam daftar single paling laku dalam sejarah musik Jepang. Setelah kesuksesan single Tsunami, band ini menjadi lebih konservatif dan terus berusaha menjaga warna musik yang ciri khas mereka.

Single berikutnya di musim panas tahun 2000, "Hotel Pacific" berhasil menjadi hit besar. Kesuksesan ini dirayakan dengan konser dua malam berturut-turut di kampung halaman Kuwata Keisuke di kota Chigasaki, Prefektur Kanagawa. Pertunjukan terlaksana setelah penduduk setempat mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk petisi agar Southern All Stars mau bermain di sana.

Setelah bermain di kota Chigasaki, Takashi Omori mengumumkan dirinya ingin beristirahat, dan berakhir pada berita pengunduran dirinya pada tahun 2001. Setelah kehilangan Takashi Omori, Kuwata Keisuke kembali melakukan solo karier. Single solonya "Naminori Jonny" dan "Shiroi-koibito tachi" berhasil menjadi hit besar, dan masing-masing laku di atas 1 juta keping.

Kegiatan sekarang[sunting | sunting sumber]

Southern All Stars memperingati hari jadi ke-25 tahun dengan mengeluarkan edisi baru CD perdana mereka "Katte ni Shindobaddo — Muna-Sawagi no Supesharu Bokkusu" tanggal 25 Juni 2003. Hanya dalam seminggu, CD dalam kemasan kotak mewah ini laku 220 ribu keping, dan langsung menempati puncak tangga album mingguan Oricon.

Masih pada tahun yang sama, single berjudul Namida no Umi de Dakaretai — SEA OF LOVE — dirilis tanggal 23 Juli dan dipromosikan dengan pertunjukan tur besar-besaran. Pada tahun 2005, mereka mengeluarkan album studio Kirā Sutorīto (Killer Street) yang terdiri dari 2 keping CD. Setelah album Kamakura, band ini memang sudah lama tidak mengeluarkan set album 2 keping CD. Album Kirā Sutorīto berhasil menembus angka penjualan 1 juta keping, mengikuti rekor penjualan yang terakhir kali dicatat album Young Love pada tahun 1996.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

1: Urutan No. 1 tangga lagu Oricon
R: Sewaktu diterbitkan kembali menempati urutan No. 1 Oricon chart
M: Terjual lebih dari 1 juta keping
2M: Terjual lebih dari 2 juta keping
A: Single dengan side A ganda (Double A-side single)
Judul bahasa Jepang Judul romaji Terjemahan bahasa Inggris Tanggal edar Format
勝手にシンドバッド Katte ni Shindobaddo Willfully, Sinbad 25 Juni 1978 R PH PH 7 inci
気分しだいで責めないで Kibun Shidai de Semenaide Don’t Pet Me So Freely 25 November 1978 PH 7 inci
いとしのエリー Itoshi no Erī My Dear Ellie 25 Maret 1979 PH 7 inci
思い過ごしも恋のうち Omoi-Sugoshi mo Koi no Uchi Imagining Things is also Love 25 Juli 1979 PH 7 inci
C調言葉に御用心 Shī-Chō Kotoba ni Goyōjin Beware of Breezy Words 25 Oktober 1979 PH 7 inci
涙のアベニュー Namida no Abenyū Avenue of Tears 21 Februari 1980 PH 7 inci
恋するマンスリー・デイ Koi Suru Mansurī Dei Loving Monthly Day 21 Maret 1980 PH 7 inci
いなせなロコモーション Inase na Rokomōshon Chic Locomotion 21 Mei 1980 PH 7 inci
ジャズマン (JAZZ MAN) Jazu Man Jazz Man 21 Juni 1980 PH 7 inci
わすれじのレイド・バック Wasureji no Reido Bakku Laid Back That You Can’t Forget 21 Juli 1980 PH 7 inci
シャ・ラ・ラ/ごめんねチャーリー Sha Ra Ra / Gomenne Chārī Sha La La / I'm Sorry, Charlie 21 November 1980 A PH 7 inci
Big Star Blues (ビッグスターの悲劇) Biggu Sutā Burūsu (Biggu Sutā no Higeki) Big Star Blues (Tragedy of the Big Star) 21 Juni 1981 PH 7 inci
栞のテーマ Shiori no Tēma Theme of Shiori 21 September 1981 PH 7 inci
チャコの海岸物語 Chako no Kaigan Monogatari Chako’s Coastal Story 21 Januari 1982 PH 7 inci
匂艶 THE NIGHT CLUB Nijiiro Za Naito Kurabu The Rainbow Color Night Club 21 Mei 1982 PH 7 inci
Ya Ya (あの時代を忘れない) Ya Ya (Ano Toki o Wasure Nai) Ya Ya (I'll Never Forget Those Times) 5 Oktober 1982 PH 7 inci
ボディ・スペシャル II (BODY SPECIAL) Bodī Supesharu Tsū (Bodī Supesharu) Body Special II (Body Special) 5 Maret 1983 PH 7 inci
EMANON 5 Juli 1983 PH 7 inci
東京シャッフル Tōkyō Shaffuru Tokyo Shuffle 5 November 1983 PH 7 inci
ミス・ブランニュー・デイ (MISS BRAND-NEW DAY) Misu Burannyū Dei Miss Brand-New Day 25 Juni 1984 PH 7 inci
Tarako Cod Roe 21 Oktober 1984 PH 7 inci
Bye Bye My Love (U are the one) Bai Bai Mai Rabu (Yū ā za Wan) 21 Oktober 1984 PH 7 inci
メロディ (Melody) Merodī Melody 21 Oktober 1984 PH 7 inci
みんなのうた Minna no Uta Everyone's Song 25 Juni 1988 CD 8 cm, PH 7 inci, kaset
女神達への情歌 (報道されないY型の彼方へ) Megami Tachi e no Jōka (Hōdō Sarenai Wai-Kei no Kanata e) Love Song for Goddesses (Beyond the Y-Shape That is Never Reported) 12 April 1989 CD 8 cm, PH 7 inci, kaset
さよならベイビー Sayonara Beibī Goodbye Baby 7 Juni 1989 1 CD 8 cm, PH 7 inci, kaset
フリフリ'65 Furi Furi Shikkusutī-Faibu Swingin’ ‘65 21 November 1989 CD 8 cm, PH 7 inci, kaset
真夏の果実 Manatsu no Kajitsu Midsummer Fruit 25 Juli 1990 CD 8 cm
ネオ・ブラボー!! Neo Burabō!! Neo Bravo!! 10 Juli 1991 1 CD 8 cm
シュラバ★ラ★バンバ SHULABA-LA-BAMBA/君だけに夢をもう一度 Shuraba-Ra-Banba / Kimi Dake ni Yume o Mō Ichi-do Shambles-La-Bamba / Dream Just For You Again 18 Juli 1992 CD 8 cm
涙のキッス Namida no Kissu Kiss of Tears 18 Juli 1992 1 M CD 8 cm
エロティカ・セブン EROTICA SEVEN Erotika Sebun Erotica Seven 21 Juli 1993 1 M CD 8 cm
素敵なバーディー (NO NO BIRDY) Suteki Na Bādī (Nō Nō Bādī) Wonderful Birdie (No No Birdie) 21 Juli 1993 CD 8 cm
クリスマス・ラブ (涙のあとには白い雪が降る) Kurisumasu Rabu (Namida no Ato ni wa Shiroi Yuki ga Furu) Christmas Love (After the Tears, a White Snow Fall) 20 November 1993 CD 8 cm
マンピーのG★SPOT Manpī no Jī-Supotto Puss-P’s G-Spot 22 Mei 1995 CD 8 cm
あなただけを ~Summer Heartbreak~ Anata Dake o — Samā Hātobureiku — Only You — Summer Heartbreak — 17 Juli 1995 1 M CD 8 cm
愛の言霊 ~Spiritual Message Ai no Kotodama — Supirichuaru Messēji Spirit of the Word Called Love — Spiritual Message 20 Mei 1996 1 M CD 8 cm, PH 7 inci
太陽は罪な奴 Taiyō wa Tsumi na Yatsu The Sun is a Bad Guy 25 Juni 1996 CD 8 cm, PH 7 inci
01MESSENGER ~電子狂の詩~ Zero Wan Messenjā — Denshi Kyō no Uta — 01 Messenger — Electronic Maniac's Song — 21 Agustus 1997 CD 8 cm, PH 7 inci
BLUE HEAVEN Burū Hebun 6 November 1997 CD 8 cm, PH 7 inci
LOVE AFFAIR ~秘密のデート~ Rabu Afeā — Himitsu no Dēto — Love Affair — Secret Date — 11 Februari 1998 CD 8 cm, PH 7 inci
PARADISE Paradaisu 29 Juli 1998 CD 8 cm, PH 7 inci
イエローマン ~星の王子様~ Ierō Man — Hoshi no Ōji-sama — Yellow Man — The Little Prince — 25 Maret 1999 CD 8 cm, PH 7 inci
TSUNAMI 26 Januari 2000 1 2M CD 8 cm, PH 7 inci
HOTEL PACIFIC Hoteru Pashifikku 19 Juli 2000 CD 12 cm, PH 7 inci
この青い空、みどり ~BLUE IN GREEN~ Kono Aoi Sora, Midori — Burū in Gurīn — This Blue Sky, is Green — Blue in Green — 1 November 2000 CD 12 cm, PH 7 inci
涙の海で抱かれたい ~SEA OF LOVE~ Namida no Umi de Dakare Tai — Shī obu Rabu — I Want to be Held in the Sea of Tears — Sea of Love — 23 Juli 2003 1 CD 12 cm, PH 7 inci
彩 ~Aja~ Aya Aja 14 April 2004 1 CD 12 cm, PH 7 inci
君こそスターだ/夢に消えたジュリア Kimi Koso Sutā da / Yume ni Kieta Juria You are the Star / Julia Disappeared in a Dream 21 Juli 2004 1 A CD 12 cm, PH 7 inci, kaset
愛と欲望の日々 Ai to Yokubō no Hibi Days of Love and Desire 24 November 2004 1 CD 12 cm, PH 7 inci, kaset
BOHBO No.5/神の島遥か国 Bōbo Nanbā Faibu / Kami no Shima Haruka Kuni Bohbo No.5 / God's Island, The Country So Far 20 Juli 2005 A CD 12 cm, PH 7 inci, kaset
DIRTY OLD MAN ~さらば夏よ~ Dātī Ōrudo Man — Saraba Natsu yo — Dirty Old Man — Goodbye Summer — 9 Agustus 2006 1 CD 12 cm, PH 7 inci
I AM YOUR SINGER Ai Amu Yua Shingā 6 Augutus 2008 CD 12 cm, PH 7 inci

Penerbitan kembali[sunting | sunting sumber]

Single pertama (Katte ni Sinbad) hingga ke-23 (Melody) diterbitkan kembali sebagai remastered CD 8 cm. 25 Juni 1988
Itoshi no Ellie diterbitkan kembali dengan sampul yang sedikit berbeda. 23 April 1997
Single pertama hingga ke-34 (Christmas Love) diterbitkan kembali dengan sampul yang sedikit berbeda. 11 Februari 1998
Katte ni Sinbad diterbitkan kembali sebagai "Willfully, Sinbad — Uneasy Special Box" (勝手にシンドバッド 胸さわぎのスペシャルボックス Katte ni Shindobaddo — Muna-Sawagi no Supesharu Bokkusu?) untuk peringatan ulang tahun ke-25 kelompok ini. 25 Juni 2003
Single pertama hingga ke-44 (Tsunami) dan set album istimewa Katte ni Sinbad — Muna-Sawagi no Special Box diterbitkan kembali sebagai remastered CD 12 cm. 25 Juni 2005

Album[sunting | sunting sumber]

1: Urutan No. 1 chart Oricon
M: Terjual lebih dari 1 juta keping
2M: Terjual lebih dari 2 juta keping
3M: Terjual lebih dari 3 juta keping
L: Peredaran terbatas

Album studio[sunting | sunting sumber]

Judul bahasa Jepang Judul romaji Judul bahasa Inggris Tanggal edar Format
熱い胸さわぎ Atsui Muna-Sawagi Hot Uneasiness 25 Agustus 1978 LP, Kaset
10ナンバーズ・からっと Ten Nanbāzu Karatto Ten-Numbers Carat 5 April 1979 LP, kaset
タイニイ・バブルス Tainī Baburusu Tiny Bubbles 21 Maret 1980 1 LP, kaset
ステレオ太陽族 Sutereo Taiyō-zoku Stereo Sunny Youth 21 Juli 1981 1 LP, kaset
NUDE MAN Nūdo Man 21 Juli 1982 1 LP, kaset
綺麗 Kirei Beautiful 5 Juli 1983 1 CD, LP, kaset
人気者で行こう Ninki-Mono de Ikō Go the Way of Stars 7 Juli 1984 1 CD, LP, kaset
KAMAKURA 14 September 1985 1 2 CD, 2 LP, 2 kaset
Southern All Stars Sazan Ōru Sutāzu 13 Januari 1990 1 M CD, LP, kaset
世に万葉の花が咲くなり Yo ni Man’yō no Hana ga Saku Nari The Flower of Myriad Leaves Blooms in the World 26 September 1992 1 M CD, kaset
Young Love Yangu Rabu 20 Juli 1996 1 2M CD, 2 LP, MD
さくら Sakura Cherry Blossoms 21 Oktober 1998 1 CD, 2 LPs, MD
キラーストリート Kirā Sutorīto Killer Street 5 Oktober 2005 1 M 2 CD, 3 LP

Album kompilasi (best album)[sunting | sunting sumber]

Judul bahasa Jepang Judul romaji Judul bahasa Inggris Tanggal edar Format
バラッド '77~'82 Baraddo Sebuntī-Sebun Eitī-Tsū Ballads '77-'82 5 Desember 1982 1 2 CD, 2 kaset
バラッド2 '83~'86 Baraddo Tsū Eitī-Surī Eitī-Shikkusu Ballads 2 '83-'86 21 Juni 1987 1 2 CD, 2 kaset
すいか SOUTHERN ALL STARS 61SONGS Suika — Sazan Ōru Sutāzu Shikkusutī-Wan Songusu Watermelon — 61 Southern All Stars Songs 21 Juli 1989 L 4 CD, 4 kaset
HAPPY! Happī! 24 Juni 1995 1 L 3 CD
海のYeah!! Umi no Yē!! Yeah!! of the Sea 25 Juni 1998 1 3M 2 CD
バラッド3 ~the album of LOVE~ Baraddo Surī — Ji Arubamu obu Rabu — Ballads 3 — The Album of Love — 22 November 2000 1 2M 2 CD

Album lain[sunting | sunting sumber]

Judul bahasa Jepang Judul romaji Terjemahan bahasa Inggris Tanggal edar Format
稲村ジェーン I Inamura Jēn Inamura Jane 1 September 1990 1 M CD
江ノ島 ~Southern All Stars Golden Hits Medley E Enoshima — Sazan Ōru Sutāzu Gōruden Hittsu Medorē Enoshima — Southern All Stars Golden Hits Medley 8 September 1993 CD, LP
I: oleh Southern All Stars & All Stars (サザンオールスターズ&オールスターズ Sazan Ōru Sutāzu ando Ōru Sutāzu?). Album musik latar untuk film berjudul sama, sutradara: Keisuke Kuwata.
E: oleh Z-Dan (Z団 Zetto-Dan?). Album mega remix dari semua single mereka yang jadi hit.

Penerbitan kembali[sunting | sunting sumber]

Album pertama (Atsui Muna-Sawagi) hingga album ke-5 (Nude Man) masing-masing diterbitkan kembali sebagai CD. 21 Juni 1984
Album pertama hingga ke-7 (Ninki-Mono de Ikō) masing-masing diterbitkan kembali sebagai CD. 25 Juni 1989
Album pertama hingga ke-6 (Kirei) masing-masing diterbitkan kembali sebagai CD. 22 April 1998
CD album ke-7 hingga album ke-10 (Yo ni Man’yō no Hana ga Saku Nari) dan Inamura Jane diterbitkan kembali 22 Mei 1998
Ballads dan Ballads 2 diterbitkan kembali 25 Juni 1998

Album yang belum diterbitkan ulang[sunting | sunting sumber]

Semuanya dalam format kaset

Judul bahasa Jepang Judul romaji Terjemahan bahasa Inggris Tanggal edar
ベスト・オブ・サザンオールスターズ Besuto obu Sazan Ōru Sutāzu Best of Southern All Stars 25 November 1979 1
Kick Off! Kikku Ofu! 5 Juli 1980 1
アーリー・サザンオールスターズ Ārī Sazan Ōru Sutāzu Early Southern All Stars 5 Desember 1980 1
SOUTHERN ALL STARS BEST Sazan Ōru Sutāzu Besuto 21 Oktober 1981
BEST ONE '82 Besuto Wan Eitī-Tsū 21 Oktober 1981
Shout! Shauto! 1 Maret 1982
原由子 with サザンオールスターズ Hara Yūko wizu Sazan Ōru Sutāzu Yuko Hara with Southern All Stars 16 Desember 1983

Video[sunting | sunting sumber]

Jenis video Judul bahasa Jepang Judul romaji Terjemahan judul Tanggal edar Format
Live video 武道館コンサート Budōkan Konsāto Live at Budokan 8 September 1982 VHS, Betamax, VHD
Live video, PVs Southern All Stars THE BEST Sazan Ōru Sutāzu Za Besuto 26 Januari 1983 VHS, Betamax
Live video, PVs 匂艶 THE NIGHT CLUB Nijiiro Za Naito Kurabu The Rainbow Color Night Club 26 Januari 1983 VHS, Betamax
PVs サ吉のみやげ話 Sakichi no Miyage-Banashi Sakichi's Travel Story 21 Desember 1984 VHS, Betamax, VHD, LD
Video single 女神達への情歌 (報道されないY型の彼方へ) Megami Tachi e no Jōka (Hōdō Sarenai Wai-Kei no Kanata e) Love Song for Goddesses (Beyond the Y-Shape That is Never Reported) 12 April 1989 VHS, VHD, LD
Live video 歌う日本シリーズ1992~1993 LIVE at YOKOHAMA ARENA 29th Dec.1992 Utau Nippon Shirīzu Naintīn Naintī-Tsū Naintīn Naintī-Surī Raibu atto Yokohama Arīna Tuwentī-Nainsu Dissenbā Naintīn Naintī-Tsū Singing Japan Series 1992-1993 Live at Yokohama Arena 29th Dec.1992 27 Maret 1993 VHS, LD
Live video ホタル・カリフォルニア Hotaru Kariforunia Hotaru (firefly) California 2 Desember 1995 2 VHSs, LD, DVD
PVs, Live clips 平和の琉歌 ~Stadium Tour 1996 "ザ・ガールズ万座ビーチ" in 沖縄~ Heiwa no Ryūka — Sutajiamu Tsuā Naintīn Naintī-Shikkusu "Za Gāruzu Manza Bīchi" in Okinawa — The Ryukyuan Song for the Peace — Stadium Tour 1996 "The Girls Only Manza Beach" in Okinawa — 5 Maret 1997 VHS, DVD
Live video 1998 スーパーライブ in 渚園 Naintīn Naintī-Eito Sūpā Raibu in Nagisaen 1998 Super Live in Nagisaen 12 Desember 1998 2 VHSs, 2 DVDs
PVs, Live clips SPACE MOSA Supēsu Mosa 10 Desember 1999 DVD
Live video シークレットライブ'99 SAS 事件簿 in 歌舞伎町 Shīkuretto Raibu Naintī-Nain Sasu Jikenbo in Kabukichō Secret Live ’99 SAS Case File in Kabukicho 26 Februari 2000 VHS
Image video Inside Outside U・M・I Insaido Autosaido Yū-Emu-Ai Inside Outside UMI 30 Agustus 2003 DVD
Live video SUMMER LIVE 2003「流石だスペシャルボックス」胸いっぱいの "LIVE in 沖縄" & 愛と情熱の "真夏ツアー完全版" Samā Raibu Tsū Sauzando Surī “Sasuga da Supesharu Bokkusu” Mune ippai no “Raibu in Okinawa” ando Ai to Jōnetsu no “Manatsu Tsuā Kanzen-Ban” Summer Live 2002 “So Great Special Box” The Stirring “Live in Okinawa” & “Midsummer Tour Complete Version” for Love and Passion 17 Desember 2003 4 DVD
PVs ベストヒットUSAS (Ultra Southern All Stars) Besuto Hitto Yū-Esu-Ei-Esu (Urutora Sazan Ōru Sutāzu) Best Hit USAS (Ultra Southern All Stars) 15 Desember 2005 DVD
Live video, documentary FILM KILLER STREET (Director's Cut) & LIVE at TOKYO DOME Firumu Kirā Sutorīto (Direkutāzu Katto) ando Raibu atto Tōkyō Dōmu 15 Maret 2006 5 DVD, 4 DVD

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "(Daftar album Southern All Stars, posisi di anak tangga Oricon, dan total penjualan)". Diakses 10 Februari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "(Daftar single Southern All Stars, posisi di anak tangga Oricon, dan total penjualan)". Diakses 10 Februari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ "(Daftar Top 22 (1989) penjualan single lagu Barat di Jepang)". Diakses 10 Februari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]