Solvay S.A.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Solvay S.A.
Didirikan1863
PendiriErnest Solvay
Situs webwww.solvay.com/en Sunting ini di Wikidata

Solvay S.A. adalah grup bahan kimia Belgia yang didirikan pada tahun 1863.[1] Grup ini berkantor pusat di Brussel dan mempekerjakan sekitar 23.000 orang di 64 negara.

Solvay terdaftar di Euronext di Brussel.[2]

Perintisan dan modal awal[sunting | sunting sumber]

Solvay S.A. didirikan oleh Ernest Solvay bersama dengan saudaranya, Alfred Solvay.[3] Awalnya perusahaan ini bernama Solvay & Cie dan bergerak di bidang industri kimia. Kegiatan awal dari perusahaan ini adalah berbagai percobaan kimia dalam pembuatan soda dan amonia.[3] Sebuah tim kecil yang terdiri dari Ernest Solvay,Alfred Solvay dan Louis-Philippe Acheroy, membangun pabrik percontohan di Schaerbeek, Brussels. Ayah Ernest Solvay menjadi penanggung atas biaya operasional perusahaan ini. Ernest Solvay kemudian mengadakan kegiatan analisis ekonomi pasar terhadap abu soda dan meminta otorisasi yang diperlukan untuk melakukannya. Perusahaan ini mengalami permasalahan teknis dan keuangan pada awal pendiriannya. Namun, Ernest Solvay berhasil meyakinkan tiga orang pebisnis yang berpengaruh dalam banyak bidang untuk berinvestasi ke perusahaannya. Ketiganya yaitu Guillaume Nélis, Eudore Pirmez, dan Valentin Lambert. Tokoh-tokoh ini merupakan tokoh penting di bidang keuangan. Masing-masing dari mereka mempunyai pengaruh politik dan keahlian di bidang hukum, perdagangan, dan industri. Berkat dukungan dari ketiga pebisnis ini, perusahaan Solvay dapat bertahan lama.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Prancis)Fiche société SOLVAY[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ (Prancis)SOLVAY
  3. ^ a b c Bertrams, Kenneth (2013). A Company in History: Solvay, 1863–2013 (PDF). New York: Cambridge University Press. hlm. 2. ISBN 978-1-107-60757-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]