Solanus Casey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Solanus Casey, (25 November 1870 – 31 Juli 1957) adalah seorang imam Katolik Amerika Serikat. Ia lahir sebagai anak sulung dari 16 bersaudara yang lahir dari pasangan imigran asal Irlandia, Bernard James Casey dan Ellen Elizabeth Murphy. Semenjak masa kecil, ia menderita digeteri (kelumpuhan pita suara). Saat keluarganya pindah ke Hudson, Amerika Serikat pada 1878, ia masuk Sekolah St Maria. Tetapi belum selesai studinya, keluarganya pindah lagi ke Burkhardt di Saint Croix County. Lahir dari keluarga miskin, ia pernah bekerja sebagai penebang pohon, satpam rumah sakit, penjaga penjara di Minnesota, dan sopi angkutan umum.

Ia menempuh pendidikan di Seminari Menengah St Fransiskus Keuskupan Agung Milwaukee, Wisconsin, pada tahun 1891. Setelah lulus dari seminari kecil, ia mengajukan diri menjadi imam diosesan Keuskupan Milwaukee, namun ditolak. Ia lalu diminta melamar ke ordo atau tarekat.

Kala berdoa kepada Bunda Maria, ia mendengar pesan untuk “pergi ke Detroit”. Ia meyakini bahwa Bunda Maria memintanya untuk bergabung dengan Ordo Kapusin. Ia diterima sebagai anggota Kapusin pada 14 Januari 1897. Ia lantas mengubah nama dari Bernard Francis Casey menjadi Solanus Casey, yang diambil dari nama Francisco Sánchez-Solano Jiménez (1549-1610).

Ia menerima tahbisan pada 24 Juli 1904 dari Uskup Agung Milwaukee, Mgr Sebastian Gebhard Messmer (1847-1930) di Gereja Santo Fransiskus Asisi Milwaukee. Misa pertamanya dirayakan bersama keluarga tanggal 31 Juli 1904 di Appleton, Wisconsin.

Ia mendapat tugas pertama di Biara Hati Kudus Friary, Yonkers. Ia lalu dipindahkan ke Paroki St Yohanes New York. Setelah itu, ia pindah ke Biara St Maria Ratu Para Malaikat Harle. Pada masa lansia, ia tinggal di Biara St Bonaventura Detroit sampai meninggal pada 31 Juli 1957.

Proses beatifikasinya dimulai di Detroit, Michigan, Amerika pada tahun 1976. Pada 7 November 1986, proses tersebut divaliditasi oleh Komisi Penggelaran Kudus Vatikan. Pada 11 Juli 1995, Paus Yohanes Paulus II dalam audiensi dengan Prefek Komisi Penggelaran Kudus saat itu, Kardinal Alberto Bovone dan menyatakan bahwa Solanos adalah orang kudus.

Sang postulator, Pastor Carlo Calloni melanjutkan proses beatifikasi dengan memasukan mukjizat penyembuhoan yang dialami oleh seorang bayi bernama Paula Medina Zarate yang sembuh dari Penyakit Harlequin Ichthyosis (kelainan kulit genetik). Berkat doa kepada Solanos oleh kedua orangtuanya, Paula menjadi sehat kembali.

Selain itu, kesembuhan yang dialami suami dari Lily Flask dari Livonia saat suaminya menderita penyakit jantung pada tahun 2003. Misa beatifikasi berlangsung pada 18 November 2017 di Ford Field Detroit oleh Prefek Komisi Penggelaran Kudus Vatikan, Kardinal Angelo Amato.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]