Soga tingi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Soga tingi
Ceriops tagal

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN178822
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoMalpighiales
FamiliRhizophoraceae
GenusCeriops
SpesiesCeriops tagal
C.B.Rob., 1908
Tata nama
BasionimRhizophora tagal

Ceriops tagal, umumnya dikenal sebagai soga tingi atau tengar putih adalah spesies pohon bakau dalam famili Rhizophoraceae . Ini adalah pohon yang dilindungi di Afrika Selatan. Julukan khusus tagal adalah nama tumbuhan dari bahasa Tagalog .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ceriops tagal merupakan pohon berukuran sedang yang tumbuh hingga ketinggian 25 meter (80 ft) dengan diameter batang hingga 45 cm (18 in) . Kebiasaan pertumbuhannya berbentuk kolom atau bertangkai banyak dan pohonnya mengembangkan akar penopang yang besar. Akar jangkar yang memancar terkadang terbuka dan melingkar di beberapa tempat. Kulit batangnya berwarna abu-abu keperakan hingga coklat jingga, halus dengan lentisel berjerawat sesekali. Daunnya berpasangan berlawanan, bagian atas berwarna hijau kekuningan mengkilap, bulat telur dengan seluruh tepinya, hingga 6 cm (2,4 in) panjang dan 3 cm (1,2 in) lebar. Bunganya tumbuh sendiri-sendiri di ketiak daun; masing-masing memiliki tangkai panjang dan tabung kelopak pendek, dan bagiannya berjumlah lima atau enam. Benang sari berpasangan terbungkus dalam kelopak yang terbuka secara eksplosif bila diganggu. Buah bulat telur jumlahnya mencapai 3 cm (1 in) panjang tergantung pada tabung kelopak yang menyusut. Awalnya berwarna coklat, seiring bertambahnya usia berubah warna dan muncul hipokotil . Hipokotilnya panjang dan ramping, tumbuh sekitar 35 cm (14 in) panjang, dan berusuk, ciri khas yang membedakan bakau ini dengan tengar kuning ( Ceriops australis ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duke, N.; Kathiresan, K.; Salmo III, S.G.; Fernando, E.S.; Peras, J.R.; Sukardjo, S.; Miyagi, T. (2010). "Ceriops tagal". 2010: e.T178822A7617531. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-2.RLTS.T178822A7617531.en.