Soelarko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Prof. Dr. R.M Soelarko, dilahirkan di Solo 20 Desember 1915, adalah seorang tokoh yang lahir dari keluarga yang berdarah seni, makanya tak heran bakat melukisnya sudah melekat pada saat beliau masih sekolah di HIS. Setelah lulus kuliah di STOVIT pada tahun 1939, ia pun praktek sebagai dokter gigi di salah satu Rumah sakit di Solo sambil meneruskan bakat melukisnya. Ia sempat ikut pameran Lukis Konferansi Asia Afrika, selain itu ia juga tertarik di dunia fotografi bahkan ia sempat menjadi anggota Yunior Preanger Amateur Foto. Bahkan ia mensosialisasikan PAF menjadi sebuah organisasi yang besar yaitu Perkumpulan Amatir Foto.

Selain berprofesi sebagai dokter gigi ia juga seorang Anggota TNI yang berpangkat Kapten, ia juga membantu RRI Solo untuk siaran ke luar negeri pada tahun 1947. Sepanjang kariernya sebagai dokter gigi, ia menjabat Dekan FKG Unpad dan juga mendirikan sebuah organisasi yang bernama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Pada tahun 1950 ia menyelesaikan Studi di Unpad dan dikukuhkan sebagi guru besar di Perguruan Tinggi tersebut. Selain sebagai guru besar ia juga aktif melakukan konsultasi spesialis di Poliklinik FKGUnpad.

Selain cinta dengan dunia melukis dan fotografi ia juga seorang penulis, ia banyak menulis tentang fotografi, beberapa buku yang yang telah diterbitkan adalah Penuntun Fotografi, Komposisi Fotografi, Fotografi untuk Salon, Dan teknik Modern Fotografi. Kini Laboratorium fotonya diwariskan kepada putra sulungnya.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ APA & SIAPA sejumlah orang Indonesia 1983-1984. Jakarta: Grafiti Pers. 1984.