Skilancar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skilancar adalah olahraga air yang ditarik di mana seseorang ditarik ke belakang perahu dengan tali derek. Olah raga ini menggunakan papan skilancar, yaitu anjungan terapung tempat pengguna menyeimbangkan, mirip dengan papan selancar tetapi biasanya jauh lebih pendek, dengan dua tali kaki yang mencegah terjatuh dari papan dan tiga sirip diposisikan di bagian bawah yang memudahkan untuk bermanuver saat papan sedang ditarik. Kata itu sendiri merupakan gabungan dari ski dan selancar . Skilancar sering dianggap sebagai pendahulu dari linyar keracak . [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berkas:GoonBoySkurfing.jpg
Seorang Peskilancar mengendarai ombak sambil ditarik dengan tali

Skilancar terinspirasi oleh seorang pria tak dikenal yang ditarik oleh perahu di papan selancar di Lake Havasu, Arizona. Perahu tersebut ditarik di belakang perahu motor dengan kecepatan datar dengan tali penarik yang mirip dengan linyar simpuh dan linyar keracak. Kecepatan meluncur perahu motor setara dengan kecepatan yang dihasilkan oleh gelombang, yang memungkinkan peskilancar untuk naik di belakang perahu dengan cara yang sama seperti seorang peselancar mengendarai ombak. Saat perairan datar, bermain skilancar lebih mudah dibandingkan berselancar.

Pembentuk dan penemu papan selancar Australia Bruce McKee, bersama dengan rekannya Mitchell Ross, meluncurkan papan skilancar konstruksi cetakan roto plastik yang diproduksi secara massal pertama di dunia. Nama aslinya adalah "Mcski", kemudian berganti nama menjadi "SSS" skiboard, atau 'Wake-snake' di Australia. Papan tersebut memiliki tali kaki karet yang dapat disesuaikan, dasar gelungan cekung, dan sirip lunas. Dua sirip samping yang lebih kecil kemudian ditambahkan untuk daya cengkeram dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Kemudian pada tahun 1985, peselancar California Tony Finn menemukan "Skurfer", versi papan selancar yang lebih pendek dan sempit dengan tali kaki. [2] Meskipun "Skurfer" awalnya merupakan merek dagang oleh Tony Finn, kata skurfing kemungkinan besar pertama kali diciptakan di Selandia Baru oleh pembuat papan selancar Allan Byrne. Byrne meminjamkan papan selancar kepada seorang pria bernama Jeff Darby, di Queensland, Australia, yang kemudian mulai membuatnya sendiri, dan kemudian menghubungi Finn, yang kemudian memproduksi merek 'Skurfer' di bawah royalti.

Peluncuran produk versi Amerika yang diberi nama 'Surf-Ski' dilakukan pada tahun 1984 di acara 'IMTEC' Chicago. Di acara tersebut, McKee juga bertemu dengan Tony Finn yang merupakan usulan perwakilan California. Tony Finn melanjutkan negosiasinya sendiri dengan Darby, dan hasilnya adalah dewan direksi AS kemudian diluncurkan dengan merek 'Skurfer'.

Skilancar telah digunakan dalam mengadaptasi olahraga lain, seperti selancar. Sebelum skilancar ditemukan, ada keterbatasan untuk mengayuh ombak yang lebih besar saat berselancar karena peselancar tidak memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk tetap berada di depan ombak. Skilancar memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk berhasil menangkap ombak dengan menarik peselancar menuju ombak besar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Water skurfing". Aquaskier (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-05. 
  2. ^ Warshaw, Matt (2005). The Encyclopedia of Surfing (dalam bahasa Inggris). Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 978-0-15-603251-3.