Skema piramida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ilustrasi skema piramida klasik yang tidak berkelanjutan.

Skema piramida adalah sebuah model bisnis yang merekrut anggotanya dengan menjanjikan pembayaran atau jasa apabila mereka berhasil merekrut orang lain untuk bergabung dengan skema ini. Seiring bertambahnya jumlah orang yang direkrut, perekrutan tidak lagi dapat dilakukan dan sebagian besar anggotanya tidak dapat memperoleh keuntungan; maka dari itu, skema piramida tidak dapat dilanjutkan terus menerus dan dianggap ilegal di beberapa negara.

Skema piramida sudah ada paling tidak selama satu abad dengan nama yang berbeda-beda. Beberapa perencanaan pemasaran berjenjang telah dianggap sebagai salah satu contoh skema piramida.[1][2][3][4]

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan skema ini, sebuah organisasi memungut bayaran dari orang-orang yang ingin bergabung, dan sebagai gantinya organisasi ini menjanjikan komisi apabila anggota-anggota baru dapat merekrut anggota lain. Direktur organisasi ini (yang berada di puncak piramida) juga memperoleh sebagian dari pembayaran tersebut. Skema ini sangat menguntungkan bagi sang direktur, karena anggota-anggota organisasi terus terdorong untuk merekrut dan memasok uang ke puncak piramida. Namun, organisasi-organisasi tersebut jarang menjual produk atau menawarkan jasa yang berharga. Tanpa hal tersebut, keuntungan hanya diperoleh dengan merekrut anggota baru. Skema ini hanya akan menghasilkan uang untuk semua anggota apabila jumlah manusia di Bumi tidak terbatas. Begitu anggota baru tidak dapat lagi direkrut, organisasi ini akan jatuh. Cara kerja "piramida" di sini sendiri menggambarkan pertumbuhan jumlah anggota secara eksponensial, karena setiap tingkatan piramida di bawah selalu lebih besar daripada yang di atas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, Rodney K. (1984). Multilevel Marketing. Baker Publishing Group. p. 45. ISBN 0-8010-8243-9. 
  2. ^ Keep, William W; Vander Nat, Peter J. (2014). "Multilevel marketing and pyramid schemes in the United States: An historical analysis" (PDF). Journal of Historical Research in Marketing 6 (2): 188–210. doi:10.1108/JHRM-01-2014-0002. Diakses tanggal 26 March 2016. 
  3. ^ Valentine, Debra (May 13, 1998). "Pyramid Schemes". Federal Trade Commission. Diakses tanggal 25 March 2016. 
  4. ^ Edwards, Paul (1997). Franchising & licensing: two powerful ways to grow your business in any economy. Tarcher. p. 356. ISBN 0-87477-898-0.