Situs penggemar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Situs penggemar adalah situs web yang dibuat dan dikelola oleh penggemar atau pemuja tentang selebriti, benda, atau fenomena budaya tertentu.

Situs penggemar dapat menawarkan informasi khusus tentang subjek (misalnya, daftar episode, biografi, rencana alur cerita), gambar yang diambil dari berbagai sumber, berita terbaru terkait subjek mereka, unduhan media, tautan ke situs penggemar lain yang serupa dan kesempatan untuk berbicara dengan orang lain. penggemar melalui papan diskusi. Mereka sering kali berbentuk blog , menyoroti berita terbaru tentang subjek situs penggemar. Mereka sering kali menyertakan galeri foto atau video subjek dan sering "berafiliasi" dengan situs penggemar lain.

Daftar penggemar adalah jenis umum lain dari situs penggemar, meskipun mereka jauh lebih sederhana dari situs penggemar umum, dan dirancang hanya untuk daftar penggemar dari subjek tertentu yang telah memilih untuk menyerahkan nama-nama mereka (dan kadang-kadang link ke halaman rumah mereka). Banyak yang tidak memuat banyak informasi tentang subjek sama sekali, selain dari perkenalan kecil. Mereka umumnya dibuat dengan pemikiran bahwa pengunjung sudah memiliki pengetahuan tentang subjek tersebut. Namun, beberapa di antaranya adalah bagian dari situs penggemar yang lebih besar, yang digunakan untuk memperkuat pengalaman basis penggemar. Kebanyakan daftar penggemar tidak resmi.

Banyak situs penggemar mempunyai komunitas dalam jaringan dan alat jejaring sosial. Pada awal 2010-an, grup Facebook

Sebagian situs penggemar tidak resmi, tetapi beberapa diantaranya secara resmi didukung, di mana subjek akan menyediakan materi dan penggantian biaya dan kesulitan menjalankan situs. Untuk menyatakan bahwa mereka tidak resmi, banyak webmaster penggemar meletakkan penafian di tempat yang terlihat di situs web, yang terkadang juga menyertakan hak cipta situs. Banyak selebritas lebih suka membuat dan menjalankan situs mereka sendiri, untuk mengontrol konten dan mungkin menyimpan pandangan pribadi mereka. Mereka mempekerjakan webmaster mereka sendiri dan memiliki hak cipta.

Motivasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah studi menunjukkan bahwa situs penggemar tidak resmi sering kali dibangun sebagai alternatif dari pendekatan "penjualan langsung" dari situs penggemar resmi yang membawa pesan komersial. Sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh Wann memecah delapan motif fandom. Motif-motif ini, terutama yang terkait dengan afiliasi grup dan harga diri, menjadi faktor pendorong dalam pembuatan situs penggemar tidak resmi.[butuh rujukan]

Memenuhi kebutuhan psikologi sosial dari afiliasi grup dan harga diri dengan mengunjungi situs penggemar, dan, khususnya, berpartisipasi dalam aspek komunitas situs penggemar, tampaknya berfungsi untuk meningkatkan perilaku penggemar .

Penelitian tentang ketertarikan interpersonal menunjukkan bahwa orang-orang pada umumnya lebih suka bersosialisasi dengan orang-orang yang mirip dengannya. Misalnya, penggemar olahraga memenuhi kebutuhan tersebut dengan menghadiri acara olahraga secara langsung. Di dunia dalam jaringan, penggemar memenuhi kebutuhan ini dengan membangun atau berpartisipasi dalam situs penggemar dalam jaringan.

Banyak penggemar lebih suka mengunjungi situs penggemar tidak resmi untuk layanan terkait penggemar, tetapi masih lebih memilih situs penggemar resmi sebagai sumber utama untuk informasi yang akurat karena memberikan afiliasi terdekat dengan target itu sendiri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan terkait[sunting | sunting sumber]