Sirkuit independen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bryan Danielson, salah satu pegulat paling populer dari indie

Dalam gulat profesional, sirkuit independen atau sirkuit indie adalah nama kolektif dari promotor gulat profesional independen yang lebih kecil dari promotor televisi yang lebih besar. Ini kira-kira sama dengan dengan liga kecil untuk gulat pro, atau teater komunitas atau regional.

Promotor khusus di sirkuit independen disebut sebagai promotor indie atau indies. Seorang pegulat dikatakan berada di indie atau bekerja di indie jika mereka bergulat di salah satu promotor independen, atau bekerja di sirkuit indie jika mereka tampil di promotor independen yang berbeda.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Gulat indie di Amerika Serikat berasal dari zaman wilayah regional. Ketika seorang promotor menjalankan oposisi bahkan di satu kota yang dikendalikan oleh wilayah yang disetujui oleh National Wrestling Alliance, mereka sering disebut wilayah "penjahat".[1] Hal ini dianggap oleh beberapa orang sebagai cikal bakal indie karena beberapa bintang di masa lalu memulai karier mereka di saingan lokal berkualitas rendah ini ke wilayah regional besar.

Definisi modern dari sirkuit independen muncul pada pertengahan hingga akhir 1980-an dan sepenuhnya terbentuk dan berkembang setelah 1990. Promotor ini awalnya berusaha untuk menghidupkan kembali nuansa gulat teritorial old school setelah bekas gulat teritori berubah menjadi nasional, seperti WWF, gulung tikar, atau akhirnya melakukan keduanya, seperti WCW. Beberapa indie sebenarnya berhasil melakukan tur ke berbagai kota di suatu wilayah dan mempertahankan jadwal yang konsisten.

Setelah Vince McMahon, memberikan kesaksian pada tahun 1989 di depan Komisi Atletik Negara Bagian New Jersey[2] di mana ia secara terbuka mengakui gulat pro sebenarnya adalah hiburan berbasis olahraga, bukan kompetisi atletik yang sebenarnya, banyak komisi atletik negara berhenti mengatur gulat. Hal ini membuat banyak persyaratan yang mahal tidak diharuskan lagi, seperti kebutuhan akan ambulans di tempat dan tenaga medis darurat terlatih di setiap pertarungan. Setelah bisnis gulat pro diekspos dan dideregulasi, hampir semua orang bisa menjadi promotor atau pegulat karena tidak ada lisensi di luar lisensi bisnis yang diperlukan. Banyak yang mengira mereka dapat menghemat uang dengan mengadakan pertunjukan di kota-kota yang lebih kecil dan arena yang lebih kecil dengan sedikit atau tanpa tayangan televisi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farmer, Matt (December 23, 2015). "The History of Independent Wrestling". TheIndyCorner.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2021. 
  2. ^ "Vince McMahon has transformed pro wrestling from a - 03.25.91 - SI Vault". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-07. Diakses tanggal 2013-08-06.