Sirap atap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Atap sirap di Zakopane, Polandia . Dengan luas 6000, itu adalah salah satu atap sirap kayu terbesar di Eropa.

Sirap atap adalah penutup atap yang terdiri dari elemen tumpang tindih individu. Elemen-elemen ini biasanya berbentuk datar, persegi panjang yang diletakkan di jalur dari tepi bawah atap ke atas, dengan setiap jalur yang berurutan tumpang tindih dengan sambungan di bawahnya. Sirap dipegang oleh kasau atap dan terbuat dari berbagai bahan seperti kayu, batu tulis, batu ubin besar, logam, plastik, dan bahan komposit seperti semen fiber dan sirap aspal . Genteng keramik yang masih mendominasi di Eropa dan sebagian Asia masih biasa disebut genteng. Sirap atap dapat memburuk lebih cepat dan perlu menolak lebih banyak air daripada sirap dinding. Mereka adalah bahan atap yang sangat umum di Amerika Serikat .

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Sirap atap hampir selalu sangat terlihat dan merupakan aspek penting dari estetika bangunan dalam pola, tekstur dan warna. Sirap atap, seperti bahan bangunan lainnya pada bangunan vernakular, biasanya merupakan bahan yang tersedia secara lokal. Jenis sirap diperhitungkan sebelum konstruksi karena bahan mempengaruhi tinggi atap dan metode konstruksi : Beberapa sirap dapat dipasang pada reng di mana yang lain membutuhkan selubung padat (terpal) pada dek atap . Semua atap sirap dipasang dari bawah ke atas dimulai dengan jalur starter dan jahitan tepi diimbangi untuk menghindari kebocoran. Banyak pemasangan sirap mendapat manfaat dari ditempatkan di atas bahan lapisan bawah seperti kertas aspal untuk mencegah kebocoran bahkan dari hujan yang didorong angin dan bendungan salju dan es di iklim dingin. Pada bubungan sirap di salah satu sisi atap hanya memanjang melewati bubungan atau terdapat tutup bubungan yang terdiri dari papan, tembaga, atau lembaran timah. Atap sirap aspal memiliki sirap aspal yang fleksibel sebagai penutup bubungan. Beberapa sirap atap tidak mudah terbakar atau memiliki peringkat api yang lebih baik daripada yang lain yang memengaruhi penggunaannya, beberapa kode bangunan tidak mengizinkan penggunaan sirap dengan peringkat api kurang dari kelas-A untuk digunakan pada beberapa jenis bangunan. Karena meningkatnya bahaya kebakaran, sirap kayu dan sirap aspal berbahan organik menjadi lebih jarang dibandingkan sirap aspal berbahan fiberglass. Tidak ada sirap yang kedap air sehingga jarak atap minimum yang disarankan adalah 4:12 tanpa tambahan bahan lapisan bawah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kang, Kaffee, and Rob Thallon. Graphic guide to frame construction. Student ed. Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall, 1998. 177. Print.